;

Masa Jabatan Habis, Kulonprogo & Jogja Punya Pemimpin Baru Pekan Depan

Pemda DI Yogyakarta telah mengajukan enam nama ke Menteri Dalam Negeri untuk diseleksi sebagai Penjabat Wali Kota Jogja dan Penjabat Bupati Kulonprogo.
SHARE
Masa Jabatan Habis, Kulonprogo & Jogja Punya Pemimpin Baru Pekan Depan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kursi jabatan (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Masa jabatan Bupati Kulonprogo dan Wali Kota Jogja berakhir pada 22 Mei 2022. Sebagai penggantinya, pemerintah akan menyeleksi penjabat sementara untuk memimpin dua daerah tersebut.

Pemda DI Yogyakarta telah mengajukan enam nama ke Menteri Dalam Negeri untuk diseleksi sebagai Penjabat Wali Kota Jogja dan Penjabat Bupati Kulonprogo. Penjabat bupati dan wali kota tersebut akan dilantik pada Minggu (22/5/2022).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Sekda DI Yogyakarta, Kadarmanta Baskara Aji, menjelaskan dua jabatan kepala daerah di Kota Jogja dan Kulonprogo akan habis pada 22 Mei 2022 mendatang. Enam nama tersebut telah diajukan ke Mendagri untuk dipilih sesuai dengan kompetensinya dan pengalamannya di pemerintahan.

“Sertijab dan pelantikan rencananya akan digelar pada 22 Mei di Bangsal Kepatihan oleh Bapak Gubernur DIY. Sementara saat ini masih menunggu rekomendasi atau persetujuan Kemendagri terhadap usulan yang kami ajukan,” katanya Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Kenapa Jogja Disebut Sebagai Kota Pelajar?

Aji enggan membeberkan enam nama yang diseleksi tersebut. Menurutnya mereka berasal dari sejumlah jabatan penting di lingkungan Pemda DIY mulai dari asisten sekda, kepala dinas, kepala badan, hingga kepala Biro. Sesuai ketentuan, pejabat yang diajukan adalah eselon II dengan golongan pangkat minimal IV C.

Ekspedisi Energi 2022

“Tidak usah disebutkan namanya, yang jelas bukan Pak Baskara Aji. Nanti kalau sudah ada kepastian saja akan kami sampaikan,” katanya.

Aji menambahkan Penjabat Wali Kota Jogja dan Penjabat Bupati Kulonprogo akan menjabat selama setahun. Selanjutnya, penjabat baru akan dilantik lagi dengan kemungkinan orang yang berbeda.

Baca Juga: Hina Warga Jogja Miskin & Kampungan, Akun Rina Yellow Dipolisikan

“Tergantung nanti pertimbangan Bapak Gubernur untuk mengajukan ke Mendagri. Prosesnya sama untuk jabatan setahun berikutnya,” ucapnya.

Ia mengatakan pengajuan nama-nama itu melalui seleksi tertutup. Gubernur DIY kemudian memilih tiga pejabat di masing-masing jabatan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 6 Nama Diajukan untuk Menjadi Penjabat Wali Kota Jogja & Penjabat Bupati Kulonprogo



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago