SOLOPOS.COM - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat membuka Kongres Nasional ke-41 Syarikat Islam secara daring, dari Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Jumat (03/12/2021). (Foto: kominfo.go.id)

Solopos.com, JAKARTA—Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menginstruksikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan instansi terkait tetap waspada dan segera melakukan penyelamatan terhadap korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Senin (21/11/2022) siang.

“Yang sudah pasti, wapres ikut berbela sungkawa terhadap korban akibat gempa di Cianjur dan sekitarnya, terutama pada korban yang meninggal,” ujar Juru Bicara Wakil Preziden Masduki Baidlowi kepada wartawan, Selasa (22/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Masduki menyebut, bahwa Ma’ruf mempunyai rencana mengunjungi Cianjur tetapi setelah melakukan kunjungan kerja ke Papua yang direncanakan sejak lama. “Ada [rencana ke Cianjur], tetapi masih ada rangkaian kunjungan ke Papua yang sudah dirancang lama. [Namun] untuk bantuan kami sudah koordinasi dengan BNPB,” pungkas Masduki.

Baca Juga Susuri Flyover, Ribuan Warga Muhammadiyah ke Stadion Manahan

Gempa bumi di Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang menewaskan 162 orang yang terdata hingga Senin (21/11/202) malam pukul 21.00 WIB. Data itu mengutp keterangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada akun Instagram @ridwankamil. Selain 162 orang tewas, gempa berkekuatan Mangnitudo 5,6 itu menyebabkan 326 luka berat/ringan. 2.345 rumah rusak berat.

Sebanyak 13.400-an pengungsi. Ridwan menyebut, 88 kali getaran/gempa susulan terjadi di skala 1,5 sampai dengan 4,8 skala richter. Oleh karen itu, ujarnya, suasana masih rawan.

Listrik baru 20% menyala, butuh 3 hari untuk kembali normal. Sinyal seluler juga banyak terkendala. “Semua perangkat negara sudah bergerak. Dalam hitungan jam membangun rumah sakit arurat, membersihkan longsor yang menutup jalan, mempersiapkan tenda-tenda pengungsian dan dapur-dapur umum. Alat-alat berat sudah disiapkan untuk besok mengevakuasi desa-desa yang masih tertimbun longsoran,” tulis Ridwan.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Gempa Cianjur: Ma’ruf Amin Instruksikan BNPB Gerak Cepat Bantu Korban.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya