SOLOPOS.COM - Marshanda (Instagram)

Solopos.com, JAKARTA – Kabar Marshanda Dipasung masih jadi perbincanga hangat. Pengakuan Marshanda di sebuah acara televisi memicu banyak tanda tanya.

Salah satunya tentang penyakit yang diderita Marshanda. Terbukti, bipolar disorder jadi salah satu pencarian terpopuler di situs pencari, Google.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kaget. Aku kaget banget. Aku full of denial kalau aku sakit bipolar. Dari 2009, dokter Richard bilang, ‘Kamu tuh punya bipolar disorder II.’ Tapi dia bilang gitu tanpa tes tertulis, brain scan, dan lain-lain,” demikian pernyataan Marshanda artis yang akrab disapa Chacha itu di acara Just Alvin di Metro TV, Minggu (10/8/2014) malam.

Pernyataan ini rupanya mengundang tanda tanya masyarakat. Hari ini, “Bipolar Disorder” jadi salah satu pencarian terpopuler. Ensiklopoedia bebas, Wikipedia jadi yang paling atas mengulas penyakit ini.

Menurut catatan Wikipedia seperti dikutip Senin (11/8/2014), Bipolar disorder adalah jenis penyakit psikologi, ditandai dengan perubahan mood yang sangat ekstrem, yaitu berupa depresi dan mania.

Pengambilan istilah bipolar disorder mengacu pada suasana hati penderitanya yang dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang ekstrim.

Gejala bervariasi dalam pola mereka, keparahan, dan frekuensi. Beberapa orang lebih rentan terhadap baik mania atau depresi, sementara yang lain bergantian sama antara dua jenis episode. Beberapa gangguan mood sering, sementara yang lain hanya mengalami sedikit selama seumur hidup.

Ada empat jenis mood episode dalam Bipolar Disorder, yakni mania, hypomania, depresi, dan episode campuran. Setiap jenis mood episode bipolar disorder memiliki gejala yang unik.

Gen bawaan adalah faktor umum penyebab bipolar disorder. Seseorang yang lahir dari orang tua yang salah satunya merupakan pengidap bipolar disorder memiliki resiko mengidap penyakit yang sama sebesar 15%-30% dan bila kedua orang tuanya mengidap bipolar disorder, maka 50%-75%.

Penderita penyakit ini cenderung mengalami faktor pemicu munculnya penyakit yang melibatkan hubungan antar perseorangan atau peristiwa-peristiwa pencapaian tujuan (reward) dalam hidup.

Contoh dari hubungan perseorangan antara lain jatuh cinta, putus cinta, dan kematian sahabat. Sedangkan peristiwa pencapaian tujuan antara lain kegagalan untuk lulus sekolah dan dipecat dari pekerjaan.

Marshanda Idap Bipolar Disorder?

Apakah Marshanda mengidap penyakit ini? Sang artis mengaku tidak mengidap penyakit ini. Merasa tidak menderita sakit apapun baik secara fisik maupun mental, maka ibu satu anak ini mencari second opinion dengan memeriksakan diri kepada dokter lain.

“Aku kaget aja. Pokoknya waktu itu dokter Richard tiba-tiba bilang aku bipolar disorder II. Sejak saat itu, aku selalu minum obat. Pas aku carisecond opinion kemarin ini, aku melewati tes banyak banget, enggak kayak dokter Richard,” lanjut Chacha dalam acara itu.

Selama lima tahun terakhir, Marshanda atas rekomendasi dokter Richard diharuskan mengonsumsi obat setiap hari. Dia akhirnya berani memutuskan berhenti mengonsumsi obat mulai Mei 2014.

“Bulan Mei kemarin, aku memutuskan berhenti minum obat atas dorongan teman aku juga. Dia bilang, aku pasti baik-baik saja kalau enggak minum obat. Dan ternyata, aku benar-benar baik-baik aja,” ucapnya.

Ibu dari Sienna Ameerah Kasyafani ini juga menyayangkan sikap ibunda, kedua adik, dan keluarga besarnya yang beranggapan sama dengan dokter Richard.

“Mama dan keluargaku itu enggak punya empati. Dari dulu setiap kali aku kenapa-kenapa, selalu larinya ke obat, ke dokter, psikiater. Padahal, aku cuma butuh diterima. Aku cuma ingin orang-orang terdekat aku bisa terima aku yang lagi nangis. Aku cuma butuh empati,” tandas Marshanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya