Markis Kido Tak Dimakamkan di TMP Kalibata, Ini Penjelasan Menpora

Siapa saja yang bisa dimakamkan di TMP Kalibata antara lain mereka yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah (Presiden RI) berupa Bintang Republik Indonesia, Bintang Maha Putra, Bintang Sakti, Bintang Gerilya, dan anggota TNI/Polri yang gugur dalam pertempuran.
Markis Kido Tak Dimakamkan di TMP Kalibata, Ini Penjelasan Menpora
SOLOPOS.COM - Markis Kido dimakamkan di TPU Kebon Nanas, Jakarta, Selasa (15/6/2021). (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)

Solopos.com, JAKARTA – Legenda bulu tangkis Indonesia, Markis Kido, meninggal dunia di lapangan bulu tangkis, Senin (14/6). Jenazah pahlawan olahraga tersebut tidak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata melainkan di TPU Kebon Nanas.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memberikan penjelasan terkait pemakaman almarhum Markis Kido. Amali menjelaskan telah berkoordinasi untuk rencana pemakaman Markis Kido di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Ia menilai Markis Kido merupakan salah satu pahlawan olahraga yang pernah mengharumkan nama Indonesia. Akan tetapi, kata Amali, pemakaman di TMP ternyata memiliki kriteria dan syarat tertentu yang berada di bawah kewenangan Kementerian Sosial.

Baca Juga: Markis Kido Berprestasi Tingkat Dunia, PBSI: Pantas Disebut Sang Legenda

"Kewenangan siapa saja yang berhak dimakamkan di TMP adalah di Kementerian Sosial [Kemensos]," kata Amali dalam keterangan tertulis, Selasa (15/6/2021).

Lebih lanjut, Amali menyampaikan kriteria mengenai siapa saja yang bisa dimakamkan di TMP antara lain mereka yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah (Presiden RI) berupa Bintang Republik Indonesia, Bintang Maha Putra, Bintang Sakti, Bintang Gerilya, dan anggota TNI/Polri yang gugur dalam pertempuran.

"Markis Kido mendapatkan penghargaan Parama Kridha Utama Kelas I dari Presiden SBY pada tahun 2008, dan itu tidak termasuk yang bisa dimakamkan di TMP, seperti waktu itu Olimpian Lukman Niode juga tidak bisa," jelasnya.

Baca Juga: Serangan Jantung, Penyebab Markis Kido Meninggal di Lapangan Bulu Tangkis

 

Kriteria Diperluas

Meski demikian, Amali mengatakan hal ini akan tetap menjadi perhatian Kemenpora ke depan. Ia menambahkan akan melihat apakah kriteria yang ada saat ini dapat diperluas.

Amali juga mengatakan akan mengomunikasikan hal ini dengan Kemensos serta kelembagaan khusus yang berwenang tentang hal ini.

"Kita akan lihat dan membahasnya bersama lembaga terkait, apakah bisa diperluas kriterianya," pungkasnya.

Prancis Vs Jerman: Low Tegaskan Tim Panser Tak Gentar

Sebagai informasi, kabar duka mengenai meninggalnya mantan pemain ganda putra bulu tangkis Indonesia, Markis Kido, diumumkan oleh PBSI pada Senin (14/6). Markis Kido merupakan salah satu pahlawan bulu tangkis Indonesia yang pernah meraih emas Olimpiade Beijing 2008.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago