SOLOPOS.COM - Marka jalan serong ada yang menyebut marka jalan segitiga memiliki fungsi sendiri. (Gridoto.com)

Solopos.com, SOLO — Pengguna jalan pasti akan menjumpai beragam rambu lalu lintas baik yang berupa plang berisi tanda atau kata maupun hanya tanda saja. Tidak hanya plang rambu juga berada di jalan berupa marka jalan.

Bentuk marka jalan pun beragam, sehingga sebagai pengguna jalan Anda harus memahami arti atau fungsi marka tersebut. Karena pembuatan marka tersebut bertujuan untuk mengatur pengendara dan mencegah terjadinya kecelakaan

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beragam marka jalan kita jumpai di jalan raya, mulai garis berwarna putih, garis berwarna kuning baik tanpa putus maupun putus-putus. Semua memiliki makna atau fungsi tersendiri.

Baca juga: Ini Arti Marka Jalan Berwarna Kuning dan Putih di Jalan Raya

Salah satu marka jalan yang sering kita jumpai di jalan utama dan paling sering di jalan tol adalah marka serong. Bentuknya yang menyerupai segitiga berwarna putih ini banyak yang menyebutnya juga marka jalan segitiga.

Lantas apa fungsi dari marka jalan tersebut. Apakah sama dengan marka jalan berbentuk garis putih yang ada di jalan raya. Ternyata marka jalan serong memiliki fungsi tersendiri. Berikut fungsinya seperti dilansir berbagai sumber.

Marka serong yang menyerupai segitiga memanjang ini merupakan marka jalan yang berbentuk garis yang menyerong. Fungsinya adalah sebagai pembatas sehingga pengendara atau pengguna jalan tidak boleh melintasinya. Ini demi menghindari kecelakaan.

Baca juga: Ingin Membeli Mobil Bekas di Bawah Rp50 juta, Ini Pilihannya

Adapun fungsi marka jalan serong ada tiga yang sering kita jumpai ketika berkendara di jalan raya. Jika laju kendaraan menghadap awal marka serong (gambar A) maka akan ada pemisahan arus jalan dari satu menjadi dua arus jalan.Biasanya disertai petunjuk arah.

Kemudian jika arah kendaraan seiring dengan marka jalan serong tersebut (gambar B) maka artinya setelah marka jalan tersebut akan ada penyatuan arus jalan dari dua menjadi satu arus. Untuk itu pengemudi harus berhati-hati.

Selanjutnya jika ada marka serong yang tengahnya disiapkan durm berisi air untuk air radiator (gambar C) fungsinya untuk area khusus mobil bermasalah. Biasanya ditemui di jalan tol atau jalan persimpangan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya