SOLOPOS.COM - Marc Marquez mendapat tepuk tangan dari anggota Tim Repsol Honda setelah menyelesaikan balapan di MotoGP Italia, Minggu (20/5/2022). Marc Marquez mundur dari MOtoGP 2022. (Twitter/marcmarquez93)

Solopos.com, JAKARTA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mundur dari MotoGP 2022. Marc Marquez pada MotoGP 2022 ini seperti mengulang kejadian pada musim 2020 yang lalu.

Saat itu, lengan kanan Marc Marquez patah saat membalap di GP Spanyol 2020. Kajadian itu memaksa Marc Marquez, mundur dari MotoGP 2020 dan melewatkan satu musim penuh. Marquez terpaksa tiga kali naik meja operasi untuk mengatasi cederanya tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kali ini, setelah seri MotoGP Italia, Minggu (29/5/2022), juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez akan menjalani operasi untuk kali keempat terhadap cedera lengannya tersebut. Marc Marquez dijadwalkan baru kembali membalap pada musim 2023. Artinya, Marc Maequez mundur dari MotoGP 2022. Tentu hal ini sebuah kerugian besar bagi Repsol Honda.

“Saya akan merindukanmu, tim! Terima kasih telah mendukung saya selama ini, menyemangati saya, dan membuat saya tersenyum ketika saya sangat membutuhkannya! Kita akan kembali [ke lintasan balap lagi] @HRC_MotoGP,” tulis Marc Marquez dalam akun Twitter resminya, Senin (30/5/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Pembalap berusia 29 tahun dari itu juga mengalami masalah pada dua musim terakhir balap MotoGP. Marc Marquez pada MotoGP 2022 dan 2021, sempat menderita penglihatan ganda karena benturan di kepala.

Baca Juga: Sah, Max Biaggi Jadi Legenda MotoGP

Kiprah Marc Marquez di MotoGP 2022 berakhir setelah GP Italia di Sirkuit Mugello. Marquez dijadwalkan terbang ke Amerika Serikat (AS) pada Selasa pekan ini untuk menjalani operasi di tulang humerus kanannya, sebelum kembali ke Spanyol untuk memulihkan diri.

“Sayangnya, saya harus mengambil jeda dari musim 2022 yang akan menjauhkan saya dari kompetisi untuk sementara waktu,” kata Marquez dikutip dari laman resmi MotoGP.

“Setelah kerja intens beberapa bulan ini dengan tim medis saya di Madrid, kondisi fisik saya telah membaik dan saya telah mengurangi rasa tidak nyaman di lengan kanan saya agar dapat berkompetisi di Grand Prix, tapi saya masih memiliki sejumlah batasan di humerus saya yang tidak memungkinkan saya mengendarai motor dengan baik dan meraih tujuan yang selalu saya ingin capai.”

Setelah berkonsultasi dengan tim dokter dan spesialis di Mayo Clinic, Marc Marquez memutuskan untuk menjalani operasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan posisinya ketika di atas motor dan memungkinkan ia membalap tanpa batasan yang ada saat ini. Kondisi itu membuat Marc Marquez mundur dari MotoGP 2022.

Baca Juga: Penantian 40 Tahun, Debut MotoGP Finlandia Harus Diundur, Ini Alasannya

Marquez menambahkan, ia tidak merasa nyaman di motor. “Saya sering merasa sakit dan kehilangan tenaga, jadi saya tidak dapat membalap seperti yang saya mau. Saya juga mulai mencederai bahu saya karena saya menekan lengan kiri saya terlalu banyak. Performa saya tidak terlalu buruk tapi itu bukan yang saya inginkan.”

Sementara itu, Bos Repsol Honda, Alberto Puig, mengatakan keputusan untuk mengoperasi Marquez diambil pada Jumat (27/5/2022), satu hari sebelum sesi kualifikasi MotoGP 2022 seri Italia di mana Marquez finis P12 setelah terjatuh di tikungan 2 karena highside. Motor sang pembalap bahkan terbakar di lintasan karena insiden tersebut.

Dengan Marc Marquez mundur dari MotoGP 2022 membuat peta persaingan musim ini sedikit berkurang. Meski berat menembus papan atas klasemen pembalap, kehadiran Marc Marquez di lintasan balap selalu dinanti para penggemar MotoGP 2022 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya