SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi saat puasa (Freepik)

Solopos.com, JOGJA -- Hingga saat ini sudah ada 55 persen dari target yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes), Trisno Agung Wibowo dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Minggu (2/5/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Serikat Buruh Karanganyar Kukuh Upayakan UU Ciptaker Dicabut

Trisno mengaku bersyukur lantaran sudah ada 55,67 persen atau sekitar 369.625 orang telah menjalani vaksinasi Covid-19 di DIY tahap 1.

Ekspedisi Mudik 2024

Ada tiga jenis sasaran vaksinasi Covid-19 di DIY, yakni tenaga kesehatan 33.799 orang, pelayan publik 334.754 orang, dan lansia 295.349 orang. Sedangkan cakupan vaksinasi tahap 2 sudah mencapai 33,62 persen karena terus masih berjalan.

Baca Juga: Guru Lumpuh Seusai Vaksin Diduga Alami Guillain Barre Syndrome, Apa Itu?

"Target nasional termasuk DIY minimal 70 persen penduduk harus tervaksinasi dalam waktu setahun. Harapannya tidak sampai batasan (setahun) sudah 70 persen divaksinasi agar tercipta imunitas alamiah di masyarakat," terang Trisno.

Dia meminta masyarakat agar tidak ragu divaksinasi. Sejauh ini dari jutaan orang divaksinasi, tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius. Trisno juga berharap masyarakat mewaspadai informasi yang tidak benar terkait Covid-19 dan vaksinasi.

Baca Juga: Cegah Pungli, Gibran: Warga Solo Harus Berani Menolak Jika Dimintai Uang Berkedok Zakat

"Seperti ada yang menyebut tidak perlu vaksinasi, cukup makan tape yang banyak. Itu tidak benar. Kembalikan segala sesuatu nya kepala hal yang ilmiah," ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, Trisno menambahkan, penyebaran Covid-19 amat bergantung dengan ketaatan pada protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. "Jadi tetap harus menggunakan masker, jaga jarak, tidak berkerumun, serta imunitas ditingkatkan," jelas dia.

Baca Juga: Waduh, 30-An Perusahaan Klaten Berpotensi Langgar Ketentuan Pembayaran THR

Sebagai informasi, hingga saat ini kasus konfirmasi Covid-19 di DIY mencapai 39.644 dengan angka kesembuhan mencapai 87,62 persen.

"Adapun angka kematian bisa ditekan hingga 2,52 persen," beber dia.

Baca Juga: 5 Film Ini Jangan Ditonton Saat Puasa, Kenapa Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya