Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Mantap! Shipper Masuk Daftar Perusahaan Paling Inovatif Se-Dunia

Perusahaan startup digital logistk, Shipper menyabet penghargaan dan menjadi salah satu perusahaan paling inovatif di dunia.
SHARE
Mantap! Shipper Masuk Daftar Perusahaan Paling Inovatif Se-Dunia
SOLOPOS.COM - Shipper. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Perusahaan startup digital logisticShipper, berhasil menyabet penghargaan dengan menjadi salah satu perusahaan yang masuk ke dalam daftar The World’s Most Innovative Companies versi Fast Company dan meraih peringkat pertama The Most Innovative Asia-Pacific Companies.

Itu artinya, perusahaan yang menyediakan solusi jasa digital logistic terintegrasi alias e-commerce enabler menjadi salah satu perusahaan paling inovatif di dunia dan menempati peringkat pertama di level Asia-Pasifik.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Co-Founder & CEO Shipper, Phil Opamuratawongse, mengaku sangat bangga dan merasa terhormat atas kepercayaan dan apresiasi yang diberikan dunia internasional kepada Shipper lewat penghargaan dari Fast Company tahun ini. Pencapaian ini, menurutnya, menjadi salah satu  fondasi yang sangat penting dalam perjalanan pertumbuhan Shipper.

Baca Juga: Shipper: Layanan Digital Logistik untuk Indonesia Maju

“Tentunya [penghargaan ini] semakin memperkuat komitmen dan semangat kami untuk terus menghadirkan berbagai inovasi untuk mendorong kemajuan serta transformasi jasa digital logistici tanah air dalam menyambut pertumbuhan ekonomi digital nasional,” ucap Phil seperti dikutip pada siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (10/3/2022).

Phil menegaskan seluruh pencapaian itu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, khususnya peran penting tim Shipper. Ia mengapresiasi seluruh karyawan yang senantiasa menjalankan budaya inovasi dalam menghadirkan layanan bagi pelanggan dan mitra bisnis selama ini dan kedepannya.

Penghargaan Shipper
Penghargaan untuk Shipper. (Istimewa)

Pengharagaan yang diraih Shipper ini bukan penghargaan receh. Fast Company yang memberikan penghargaan tersebut adalah salah satu media publikasi bisnis terkemuka di dunia yang berpusat di Amerika Serikat. Setiap tahunnya, Fast Company merilis daftar perusahaan paling inovatif di dunia, berisi perusahaan yang memberikan dampak terbesar melalui berbagai inisiatif mereka di berbagai kategori.

Baca Juga: Peluang Besar Datangkan Cuan, Ini Tips Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Berdasarkan keterangan dari laman Fast Company, Shipper dinobatkan sebagai salah satu perusahaan paling inovatif di dunia dan pertama se-Asia Pasifik berkat upaya serta komitmen perusahaan dalam menghadirkan inovasi menyatukan infrastruktur jasa ekspedisi Indonesia yang terfragmentasi dengan membantu jasa ekspedisi pihak ketiga dalam mengelola pesanan dan mengoptimalkan rute pengiriman.

Sebagai perusahaan teknologi dengan perkembangan paling pesat di Indonesia, Shipper telah beroperasi sejak 2017 dengan prinsip untuk memudahkan pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis mereka. Shipper menyediakan solusi jasa ekspedisi terintegrasi untuk berbagai skala usaha dengan pelayanan dari hulu ke hilir.

Kerumitan dalam mengelola sistem fulfilling dan pengiriman sudah tak lagi menjadi beban pelaku UMKM berkat Shipper. Hingga saat ini, Shipper telah mengelola lebih dari 300 gudang dengan luas total lebih dari 500.000 meter per segi di 35 kota di seluruh Indonesia.

Inovasi Shipper Hadapi Tantangan Jasa Logistik Selama Pandemi Covid-19

Berdasarkan laporan dari Google, Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce di Indonesia bertumbuh 52% dari US$35 miliar pada 2020 menjadi US$53 miliar pada 2021. Angka itu menjadikan pasar e-commerce Indonesia sebagai salah satu sektor yang tumbuh paling cepat di dunia.

Sedangkan sektor jasa ekspedisi dan transportasi memiliki peluang pasar senilai US$81,3 miliar yang siap untuk dikembangkan lebih besar lagi. Shipper melihat hal ini menjadi potensi yang besar untuk industri jasa ekspedisi.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Fashion Jelang Lebaran

Namun, upaya untuk merajut rantai jasa ekspedisi tanah air yang merupakan negara kepulauan di tengah pandemi global menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Indonesia, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

“Tidak hanya menjadi sebuah tantangan, pandemi juga menciptakan berbagai peluang bagi pelaku bisnis untuk mampu menghadirkan inovasi secara cepat dan berkelanjutan. Shipper berkomitmen penuh mendukung upaya-upaya pemerintah untuk mewujudkan Ekosistem Logistik Nasional yang lebih efisien, salah satunya guna mendukung bisnis UMKM lokal agar tumbuh dan berkembang di tengah pandemi,” tambah Phil.

Melihat faktor proliferasi pengiriman yang dipercepat oleh Covid-19, Shipper yang telah menyabet penghargaan bergengsi ini terus berupaya mendorong inovasi dan transformasi digital sektor jasa ekspedisi di Indonesia melalui berbagai inisiatif di tengah tantangan di masa pandemi.

Penghargaan Shipper
Shipper. (Istimewa)

Hingga saat ini, Shipper telah membantu lebih dari 35.000 pedagang online dan ratusan perusahaan berskala besar di berbagai industri, serta memiliki 40 mitra jasa ekspedisi ternama dengan 12.000 jaringan agen di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu inovasi teknologi yang dikembangkan Shipper adalah membantu perusahaan jasa ekspedisi pihak ketiga dalam mengelola pesanan, termasuk mengoptimalkan rute pengiriman mereka dan mengemas bersama pesanan yang akan dikirim ke tujuan yang sama. Shipper juga membantu pelanggan dalam memanfaatkan fasilitas pergudangan dengan efisien dan memastikan arus pengiriman barang yang lancar.

Hal tersebut menandai keseriusan Shipper untuk terus berkontribusi memajukan masyarakat Indonesia. Shipper terus mengembangkan budaya inovasi dan mendorong seluruh karyawannya untuk menemukan, mengeksplorasi, serta menciptakan berbagai inovasi baru, serta menyediakan layanan ekspedisi yang memudahkan kegiatan operasional seluruh pelaku usaha.

Baca Juga: Bisnis yang Cocok Dikembangkan di Kota-Kota Sepi Jawa Tengah

Shipper juga berupaya mengembangkan kapabilitas teknologi yang ditawarkan serta mempercepat digitalisasi UMKM dan bisnis skala enterprise di seluruh Indonesia.

Selain itu, Shipper terus meningkatkan layanan inti di berbagai bidang, seperti first mile, last mile delivery, cross-border, dan reverse logistics. Strategi bisnis Shipper berfokus pada kolaborasi yang kuat dengan bisnis lain baik di pasar domestik maupun internasional untuk memenuhi kebutuhan berbagai skala yang berbeda.

“Kami percaya, inovasi yang baik datang dari berbagi ide dan kolaborasi, sehingga Shipper menciptakan platform di mana tim dapat bekerja sama untuk belajar satu sama lain dan menciptakan inovasi yang konstruktif. Shipper juga akan terus tumbuh bersama pengguna dan mitranya dengan memberikan solusi yang akan membantu mereka berkembang,” tutup Phil.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode