[ X ] CLOSE

Mantap! Seniman Soloraya Dominasi Bhayangkara Mural Festival

Polda Jateng menggelar Bhayangkara Mural Festival 2021, di mana urutan 11 terbaik didominasi seniman dari wilayah Soloraya.
Mantap! Seniman Soloraya Dominasi Bhayangkara Mural Festival
SOLOPOS.COM - Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Iqbal Alqudusy. (Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Seniman mural asal Soloraya mendominasi ajang Bhayangkara Mural Festival tingkat Jawa Tengah (Jateng) yang diselenggarakan Kepolisian Daerah (Polda) Jateng, 27 September-17 Oktober 2021.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy, mengatakan total ada 74 peserta yang mengikuti ajang Bhayangkara Mural Festival tingkat Jateng. Dari 74 peserta itu, dipilih 11 peserta terbaik untuk bersaing merebut satu tiket ke tingkat nasional.

“Untuk tingkat Jateng, Bhayangkara Mural Festival diikuti 74 kelompok peserta. Saat ini sudah memasuki tahap akhir. 11 peserta sudah terpilih, lima terbaik di antaranya akan kami kirim datanya ke Mabes Polri. Nanti dari lima terbaik ini akan dipilih satu yang berhak tampil di ajang Bhayangkara Mural Festival tingkat Nasional di Jakarta,” ujar Iqbal dalam keterangan tertulis kepada Solopos.com, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Polri Gelar Lomba Mural, Peserta Bebas Kritik Polisi

mural polres solo
Salah satu karya seniman mural asal Solo yang tampil pada Bhayangkara Mural Festival Polda Jateng. (Bidhumas Polda Jateng)

Iqbal mengatakan 11 kontestan terbaik itu mayoritas berasal dari Soloraya. Posisi lima teratas ditempati Garis Cakrawala Indonesia dari Solo, Suprihadi-F. Wisnu (Sragen), Tofazani Arifin (Cilacap), Adnan N.H.-Ridho Abdillah (Sragen), dan Ahmad Kuntadi P. (Wonosobo).

“Sedangkan untuk ranking enam hingga 11 antara lain Tri Murdiyono [Kabupaten Semarang], Fauzi P.R.-Pria E.A. [Wonogiri], Guruh Purwa [Banjarnegara], Mewarnai Indonesia [Solo], Lintas Seni [Pemalang], dan Igul Pambudi [Kota Magelang],” ujar Iqbal.

Iqbal menambahkan Bhayangkara Mural Festival tingkat nasional akan digelar di Jakarta, 30 Oktober mendatang. Perwakilan dari Jateng akan bersaing dengan wakil daerah lain di Indonesia memperebutkan hadiah total senilai Rp90 juta.

Sementara untuk 10 peserta terbaik yang tidak terpilih mewakili Jateng di tingkat nasional akan berkompetisi di tingkat Jateng. Kompetisi tersebut juga akan digelar pada 30 Oktober di halaman Mapolda Jateng, Kota Semarang.

Baca juga: Baru! Mural “Tuhan Kami Lapar” Mejeng di Flyover Janti Jogja

Sementara itu, pada ajang Bhayangkara Mural Festival kali ini Mabes Polri akan mengusung tema “Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi Positif di Masa Pandemi Covid-19”.

“Polri berharap festival ini bisa menjadi wadah masyarakat dalam berkarya dan berkreasi di masa pandemi Covid-19. Harapannya, festival ini bisa mengobarkan semangat kemerdekaan, nasionalisme, dan optimisme di masa pandemi Covid-19,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kasatlantas Polresta Surakarta itu.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago