SOLOPOS.COM - Pebulu tangkis putri Ribka Sugiarto (kanan) dan Siti Fadia Silva Ramadhanti (kiri) berlatih dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Selasa (19/4/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopo.com, JAKARTA – Ganda putri Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti memulai Kejuaraan Asia 2022 dengan hasil yang positif di babak pertama.

Mereka menyingkirkan pasangan Kim So Yeong/Kong Hee Yong yang merupakan unggulan ketiga kejuaraan ini dalam laga di Manila, Filipina, Rabu (27/4/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ribka/Fadia mengaku kunci keberhasilannya adalah bermain tanpa beban dan tetap menjaga fokus saat meladeni pasangan asal Korea Selatan. Dalam laga itu Ribka/Fadia menang dengan skor 21-17, 20-22, 21-11. Ribka Sugiarto merupakan atlet bulu tangkis putri asal Kabupaten Karanganyar dan ditempa di PB Djarum.

“Kemenangan ini sebenarnya seperti bonus buat kami. Kami tadi hanya ingin menikmati pertandingan sebenarnya. Alhamdulillah bisa menang,” kata Fadia melalui keterangan tertulis PP PBSI.

Baca Juga: PB Djarum Kirim 11 Pebulu Tangkis Muda ke Eropa, Ada Atlet Klaten

Selain menerapkan strategi yang tepat dengan bermain no lob, komunikasi yang cair antara Ribka/Fadia dan pelatih menjadi kunci kemenangan pasangan yang baru kembali dari masalah cedera ini.

“Tadi kami lebih banyak komunikasi. Saling ngobrol dan mengingatkan. Baik saya, Ribka maupun pelatih,” kata Fadia.

Bagi Ribka/Fadia, Kejuaraan Asia 2022 kemungkinan menjadi turnamen terakhir mereka sebagai pasangan. Oleh karenanya mereka bertekad untuk memberikan kado perpisahan terbaik.

“Kami mau fokus satu-satu saja tapi tetap ada target yang harus dicapai. Kami mau kasih yang terbaik untuk kado perpisahan,” kata Ribka.

Baca Juga: Tinggalkan Persis Solo, Mantan Bek Timnas Ini Gabung Persib Bandung

Selain Ribka/Fadia, Putri Kusuma Wardani yang bermain di nomor tunggal putri juga membuat kejutan dengan mengalahkan wakil Korea Selatan, Kim Ga Eun, yang bercokol di peringkat 18 dunia.

Putri juga mengemas kemenangan rubber game 10-21, 21-12, 21-15 pada pertandingan babak 32 besar hari ini.

“Di game pertama saya masih menyesuaikan dengan angin. Adaptasinya belum maksimal karena anginnya susah dikontrol, kencang sekali. Di gim kedua dan ketiga saya sudah menemukan ritme permainan yang pas. Cukup puas dengan penampilan hari ini karena mengalahkan pemain yang peringkatnya di atas saya. Tapi besok harus lebih baik lagi,” kata pebulu tangkis peringkat ke-61 dunia itu.

Baca Juga: Terkait Permasalahan Gaji Marko Simic, Begini Tanggapan Persija Jakarta

Penampilan apik juga dipertunjukkan Stephanie Widjaja kala bersua wakil Korea Selatan lainnya, yaitu unggulan kedua An Se Young.

Walau belum mampu menang, Stephanie cukup merepotkan An Se Young dan memaksa bermain rubber game 16-21, 21-16, 16-21.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya