SOLOPOS.COM - Pengusaha donat Ande Lumut, Umi Nurhayati, saat berjualan di halaman rumahnya Bulusari, Sukoharjo, Sabtu (12/11/2022), (Solopos.com/Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO — Seorang pemilik usaha mikro kecil menengah (UMKM) asal Dukuh Kijilan RT 001/RW 006, Desa Bulusari, Kelurahan Sukoharjo, sukses berbisnis donat dengan omzet hampir Rp7 juta per bulan.

Padahal, ia mengawali bisnis membuat donat Ande Lumut baru 2018 dengan bermodalkan uang Rp50.000.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Awal mula dikasih modal suami Rp50.000, kemudian dijual ke rekan-rekan saja. Selebihnya dipromosikan ke Facebook. Ternyata banyak pesanan,” kata wanita yang akrab disapa Umi, Sabtu (12/11/2022) saat ditemui di rumah produksi donat, Bulusari.

Usahanya tersebut terus kini berkembang, hingga kini dapat menghasilkan omzet kotor Rp7 juta per bulan. Pengusaha donat Ande Lumut, Umi Nurhayati, yang sebelumnya bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) memutuskan untuk membuka usaha di kampung halaman.

Baca juga: Anak Gaul Solo Wajib Coba, Ada Tempat Tongkrongan Asyik Baru Dekat Balekambang

Uniknya, walaupun lokasi penjualan berada di tempat tersembunyi, dagangannya selalu habis diborong pembeli, baik yang datang secara langsung atau pemesanan via online.

“Pelanggan rata-rata kelas menengah, banyak anak-anak yang suka juga ” lanjut Umi.

Saat ini ia  membuka outlet di kediamannya di sekitar Bulusari, Sukoharjo.  Terdapat dua jenis donat yang ia buat, yaitu berbahan dasar kentang dan berbahan dasar susu.

Umi dapat menjual 120 donat per hari dengan keuntungan kotor per hari rata-rata Rp300.000. Namun Umi dapat menyisihkan sekitar Rp200.000 laba bersih untuk bisnis donat Ande Lumutnya itu.

Selain melayani pembelian secara langsung, ia juga membuka pemesanan via Gojek, Shopee Food, serta Grab sehingga pembeli dapat memesan secara online.

Baca juga: Dukung UMKM Solo, JNE Punya Fulfillment Center & Beri Diskon 30% Paket Reguler

“Saya melayani reseller, customer pribadi, dan online dari Gofood sama Shopeefood,” lanjut Umi.

Donat yang dilumuri berbagai selai aneka rasa mulai dari cokelat, stroberi, gula halus, kemudiah dihias sedemikian rupa dengan kondimen lain seperti marshmellow, atau kepingan cokelat menarik perhatian, terutama kalangan anak-anak karena rasanya yang manis.



Pelanggan dapat membeli donat Ande Lumut milik Umi dengan harga mulai dari Rp13.000 untuk satu boks berisi 6-10  roti. Ada juga yang dijual Rp25.000 untuk satu boks berisi 5-10 donat tergantung dengan ukuran dan jenisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik Kulon Progo Hari Ini (27/4/2024)

Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik Kulon Progo Hari Ini (27/4/2024)
author
Nugroho Meidinata Sabtu, 27 April 2024 - 09:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mati listrik. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, WATES — Pada hari ini Sabtu, 27 April 2024, terdapat pemadaman listrik di Kulon Progo, DI Yogyakarta, yang dikarenakan adanya pemeliharaan jaringan distribusi.

Jadwal pemadaman listrik di daerah tersebut akan berlangsung kurang lebih tiga jam, yakni dari 10.00 – 13.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Adapun wilayah terdampaknya berada di bawah PLN ULP Wates, yakni di Kebonharjo, Banjarsari, Purwoharjo, Sidoharjo, Gerbosari, Ngargosari, Pagerharjo, dan sekitarnya.

Dengan adanya pemadaman listrik di wilayah Kulon Progo pada hari ini, masyarakat diimbau bersiaga dan bersiap-siap.

Koran Solopos

Permohonan Maaf Atas Pemadaman Listrik di Kulon Progo

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram @plnjogja, PLN Kulon Progo menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan PLN yang terdampak pemadaman listrik tersebut.

Lebih lanjut, PLN Kulon Progo dalam pengumuman pemadaman listrik tersebut menyebutkan apabila pekerjaan pemeliharaan listrik di beberapa wilayah tersebut telah usai, aliran listrik akan dinormalkan kembali.

PLN Kulon Progo juga mengimbau masyarakat untuk menjaga keselamatan dari sumber tenaga listrik. Beberapa di antaranya tidak mendirikan bangunan, tiang antena, atau baliho yang berdekatan dengan jaringan listrik. Adapun jarak aman tiga meter dari jaringan listrik.

Emagazine Solopos

Masyarakat diminta menyesuaikan diri dengan pemadaman listrik itu.

Kemudian, masyarakat diimbau untuk tidak bermain layang-layang di bawah dekat jaringan listrik. Selain itu, tidak melakukan penebangan pohon atau lainnya yang di dekat jaringan tanpa koordinasi dengan petugas PLN.

Jika terjadi gangguan listrik di luar jadwal pemadaman listrik, masyarakat Kulon Progo bisa menghubungi PLN lewat call center di nomor 123 atau melalui pesan tertulis ke media sosial PLN di Twitter dan Instagram.

Interaktif Solopos

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Manfaatkan Layanan Cicilan Dana Bulanan, Begini Cara Sulap Utang agar Untung

Manfaatkan Layanan Cicilan Dana Bulanan, Begini Cara Sulap Utang agar Untung
author
Astrid Prihatini WD Sabtu, 27 April 2024 - 09:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Saat ini sudah banyak fintech yang menyediakan layanan cicilan dana bulanan salah satunya Kredivo. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-Jika mendengar kata utang, tidak sedikit orang memandang negatif hal ini. Apalagi kini sudah banyak fintech yang menyediakan layanan cicilan dana bulanan, di mana orang semakin mudah mendapatkan pinjaman.

Kemudahan ini bukannya dimanfaatkan dengan baik, malah digunakan untuk hal yang tidak seharusnya, seperti membeli barang untuk gengsi padahal tidak mampu mencicilnya dan yang paling parah digunakan untuk bermain judi online.  Banyaknya berita seperti di atas, menambah daftar alasan mengapa utang selalu identik dengan sesuatu yang merugikan, membuat manusia jadi boros, sesuatu yang menjerat manusia dalam lingkaran setan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Namun, jika Anda lebih memaksimalkan penggunaan layanan cicilan dana bulanan dari fintech, utang bisa menjadi untung berlipat ganda. Mau tahu cara bagaimana menyulap utang menjadi untung?

Berikut ini cara memanfaatkan layanan cicilan dana bulanan agar utang jadi untung:

Koran Solopos

1. Gunakan untuk kebutuhan produktif

Sejatinya utang dibagi menjadi dua, yaitu utang produktif dan utang konsumtif. Bila tidak mau merasa terbebani dengan bunga yang diberikan, lebih baik kurangi utang konsumtif dan mulai untuk beralih ke utang produktif.

Utang konsumtif adalah utang untuk kebutuhan yang nilainya terus menurun dari waktu ke waktu atau utang yang digunakan untuk kebutuhan impulsif semata.   Misalnya, seseorang pinjam dana untuk membeli membeli pakaian, sepatu, handphone dan hal ini diperuntukan demi memenuhi gaya hidup agar tidak tertinggal dari orang lain. Jangan dibutakan oleh merek saat membeli barang ini, belilah barang sesuai dengan fungsinya.

Beda 180 derajat dengan utang produktif. Walaupun barang yang dibelikan bisa sama dengan utang konsumtif, tapi penggunaanya yang berbeda.  Misalnya, seseorang membeli laptop dengan cara pinjam dana untuk melancarkan pekerjaan sampingan, atau untuk para pekerja digital yang sehari-harinya berkutat di media sosial meminjam dana untuk membeli smartphone yang lebih canggih dengan tujuan pekerjaan yang di bisa lebih lancar.

Emagazine Solopos

Ini termasuk utang produktif, karena tujuan seseorang berutang demi melancarkan pekerjaan mereka atau menjadi sumber penghasilan baru.  Beralihlah ke utang produktif, dengan mengubah mindset untuk menginvestasikan utang yang Anda terima menjadi suatu hal yang berguna untuk kelancaran hidup hingga masa depan Anda.

2. Utang untuk memperbesar bisnis atau usaha

Memanfaatkan utang atau layanan cicilan dana bulanan yang paling baik adalah untuk memperbesar bisnis atau usaha, karena utang yang Anda dapat bisa kembali menjadi untung.

Sebenarnya tidak terbatas untuk memperbesar bisnis saja, Anda juga bisa memanfaatkan utang untuk membangun bisnis, tetapi jika Anda baru membangun bisnis, masih dalam fase siap untuk rugi.  Jadi, bunga dari utang yang Anda dapatkan, cukup membebani bagi awal-awal bisnis berjalan.

Interaktif Solopos

Oleh karenanya, lebih baik memanfaatkan utang atau cicilan dana bulanan untuk memperbesar usaha yang sudah stabil atau sudah pasti mendapatkan untung. Sehingga, bunga per bulannya pun tidak terasa jika bisnis yang dijalankan sudah mulai menghasilkan

3. Pilih fintech dengan bunga rendah

Saat ini sudah banyak sekali fintech yang menawarkan layanan cicilan dana bulanan. Namun, Anda harus jeli melihat berapa besaran bunga yang diberikan oleh fintech tersebut agar beban cicilan tidak terlalu berat.

Fintech yang direkomendasikan memiliki bunga rendah adalah Kredivo. Anda bisa menikmati layanan pinjaman tunai atau cicilan dana bulanan, yang bisa Anda ajukan langsung di aplikasi.  Anda bisa menarik dana sebesar 80% dari limit yang Anda miliki, dengan bunga ringan 2,6% per bulan dan tenor yang cukup panjang, yaitu 3 dan 6 bulan.



Bukan hanya itu, Anda juga bisa menikmati layanan kredit online dengan bunga 0% saja, untuk tenor 1 bulan dan 3 bulan, serta bunga ringan 2,6% untuk tenor yang lebih panjang, yaitu 6 dan 12 bulan.

Layanan kredit online dari Kredivo bisa Anda gunakan di ribuan merchant online dan offline, seperti Lazada, Bukalapak, Blibli, Tiket.com, Digimap, iBox, Hartono, Electronic City, IKEA, Alfamart hingga Indomaret.

Seperti itulah cara menyulap utang menjadi untung serta rekomendasi fintech berbunga rendah yang bisa Anda manfaatkan. Selalu ingat untuk memanfaatkan utang untuk hal yang produktif dan sebisa mungkin hindari pembelian yang konsumtif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jateng Kini Tak Punya Bandara Internasional, Nasib 2 Airport yang Turun Kelas

Jateng Kini Tak Punya Bandara Internasional, Nasib 2 Airport yang Turun Kelas
author
Nugroho Meidinata Sabtu, 27 April 2024 - 08:52 WIB
share
SOLOPOS.COM - Illustrasi pesawat yang berada di parking Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, saat masa mudik Lebaran 2022. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Jawa Tengah kini tak mempunyai lagi bandara yang berstatus internasional. Hal ini tercantum dalam Keputusan Menteri Perhubungan 31/2024 tentang Penetapan Bandar Udara Internasional.

Jumlah bandara internasional di Indonesia yang semula 34 kini berkurang menjadi 17. Dua bandara di Jawa Tengah, yakni Ahmad Yani di Semarang dan Adi Soemarmo di Boyolali pun turun kelas. Sebelumnya, dua bandara tersebut berstatus internasional.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dengan diturunkannya status dua bandara (airport) ini dari Bandara Internasional menjadi Bandara Domestik, maka Jawa Tengah kini tak lagi memiliki bandara berstatus internasional.

Koran Solopos

Meski statusnya turun, namun beberapa bandara tersebut masih melayani penerbangan internasioanl secara temporer.

“17 bandara internasional yang telah ditetapkan sebagai bandara domestik pada prinsipnya tetap dapat melayani penerbangan luar negeri untuk kepentingan tertentu secara temporer [sementara],” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, dilansir Bisnis.com.

Dengan dua bandara di Jawa Tengah yang semula internasional menjadi domestik, berikut ini data bandara internasional di Indonesia per 2024 berdasarkan Keputusan Menhub tersebut.

Emagazine Solopos
  1. Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh
  2. Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara
  3. Bandara Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatra Barat
  4. Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau
  5. Bandara Hang Nadim, Banten, Kepulauan Riau
  6. Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten
  7. Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  8. Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat
  9. Bandara Kulonprogo, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta
  10. Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur
  11. Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali
  12. Bandara Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah, NTB
  13. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kalimantan Timur
  14. Bandara Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan
  15. Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara
  16. Bandara Sentani, Jayapura, Papua
  17. Bandara Komodo, Labuan Bajo, NTT

Sebelumnya, Pemprov Jateng sudah mendorong agar penerbangan langsung internasional ke dua bandara tersebut. Namun, hal tersebut belum diberikan. Menurut dia, wisatawan mancanegara banyak datang melalui Bandara Internasional Yogyakarta yang kemudian juga menikmati destinasi-destinasi tujuan wisata di Jawa Tengah.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories