SOLOPOS.COM - Tokoh masyarakat Wonogiri sekaligus mantan Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, saat mencicipi minuman Lokita di gerai Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, Jumat (11/12/2020). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) berbentuk franchise asal Wonogiri berhasil masuk pasar nasional. UMKM berupa produk minuman aneka rasa itu sudah mempunyai mitra hingga luar Jawa.

UMKM yang mempunyai nama brand Lokita tersebut merupakan produk buatan Nury Pujiati Asturik, warga Dusun Deles, Desa Watusomo, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri. Sebelum mengeluarkan produknya, Nury mengaku telah melakukan trial and eror selama tiga bulan. Hal itu ia lakukan untuk mencari cita rasa yang khas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengelola Minta Pemkab Wonogiri Tak Tutup Objek Wisata Lagi

Sehingga bisa sesuai dengan lidah masyarakat, terutama kalangan anak muda. "Saat saya mencicipi hasil kreasi minuman saya, perut saya kadang terasa mual. Karena rasanya kurang pas," kata dia di salah satu gerai Lokita, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, Jumat (11/12/2020).

Sampai akhirnya, kata dia, saat ini sudah ada 36 varian atau rasa pada minuman Lokita tersebut. Minuman aneka rasa itu dibumbui susu, kopi dan teh. Ia menjamin bahan baku produknya itu dari makanan yang berkualitas.

Produk UMKM milik Nury sudah bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu juga sudah mendapat Hak Kekayaan Intelektual atau HKI.

Pada Jumat siang, ia melaunching produknya itu di gerai Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri. Selanjutnya, sudah ada 42 gerai yang akan menyusul melakukan launching. Di Wonogiri, di setiap kecamatan sudah ada mitra Lokita yang siap dibuka.

Sementara itu, mitra Lokita yang ada di luar jawa di antaranya Timika, Gorontalo, Palangkaraya, Nusa Tenggara Timur, Papua dan daerah lainnya.

Memantik Motivasi

Nury mengatakan, tujuan ia melaunching Lokita Indonesia untuk memantik sekaligus memberi motivasi UMKM lainnya di Wonogiri agar lebih berkembang dan bisa menembus pasar Nasional.

"Warga Wonogiri yang ingin bisnis franchise minuman dan mengelolanya sendiri sesuai kreasi mereka bisa saya bantu. Kami siap memfasilitasi bahan minuman. Jika mau jadi mitra kami, kami bantu pelatihannya tanpa dipungut biaya. Intinya kami ingin memberi semangat pelaku UMKM di Wonogiri," kata Nury.

Republik Cheska Mundur dari Moto GP 2021, Peluang Emas GP Indonesia

Tokoh masyarakat Wonogiri yang juga turut hadir dalam launching Lokita Indonesia, Setyo Sukarno, mengapresiasi keberadaan Lokita Indonesia. Karena Lokita bisa membuka mitra kepada warga Wonogiri yang ingin membentuk UMKM yang mempunyai produk minuman.

Di masa pandemi Covid-19, kata dia, UMKM bisa berkontribusi terhadap penguatan ekonomi secara nasional. "Tadi sempat mencicipi dan rasanya segar dan enak. Semoga hasil UMKM warga Wonogiri bisa membanggakan seperti ini," kata Setyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya