Mantap Lur, 6.000 Lansia di Salatiga Sudah Vaksinasi Covid-19

Salatiga masuk dalam daftar kabupaten/kota di Jateng yang paling aktif dalam melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia.
SHARE
Mantap Lur, 6.000 Lansia di Salatiga Sudah Vaksinasi Covid-19
SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SALATIGA -- Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga mengklaim pelaksanaan vaksinasi bagi warga lanjut usia atau lansia di wilayahnya berlangsung lancar.

Bahkan, Salatiga masuk dalam daftar kabupaten/kota di Jateng yang paling aktif dalam melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

"Sejauh ini capaiannya cukup bagus. Persentasenya sekitar 29%. Dari total 25.000 warga lanjut usia yang menjadi sasaran vaksinasi, sudah ada sekitar 6.000 orang yang disuntik vaksin," ujar Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, kepada Solopos.com, Jumat (26/3/2021).

Baca jugaDi Klaten Muncul Klaster Keluarga, Warga Diimbau Tak Menggelar Tradisi Sadranan Besar-Besaran

Zuraidah mengatakan sesuai dengan instruksi pemerintah, vaksinasi bagi lansia saat ini memang menjadi prioritas. Hal itu dikarenakan lansia menjadi kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

"Makanya, untuk lansia di Salatiga kita lakukan percepatan dalam vaksinasi, selain pelayanan publik. Setiap vaksin yang datang, langsung kita berikan," terang Zuraidah.

Zuraidah menambahkan hingga saat ini tidak ada penolakan vaksin Covid-19 di Salatiga. Warga Salatiga justru antusias dengan program vaksinasi dari pemerintah.

"Kalau di Salatiga warganya malah berebut untuk divaksin. Jadwal vaksinasi pukul 09.00 WIB, mereka sudah datang sejam sebelumnya. Pada mengantre. Cuma kendalanya ya saat ini stok vaksinnya habis. Kita lagi nunggu dropping lagi dari pusat," tutur Zuraidah.

Baca jugaMenpan RB: Mal Pelayanan Publik di Salatiga, Reformasi Birokrasi

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, membenarkan jika pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di Salatiga tergolong tinggi.
Bahkan Salatiga masuk dalam daftar daerah di Jawa Tengah yang paling cepat melakukan vaksinasi lansia, selain Kota Magelang, Kota Solo, dan Semarang.

Sedangkan daerah yang masih terbilang rendah antara lain Kabupaten Boyolali, Brebes, Kebumen, Kabupaten Pekalongan, Batang, Rembang, Sragen, Wonogiri, Blora, dan Jepara.

"Untuk daerah yang masih rendah harus dilakukan percepatan. Target vaksinasi Covid-19 untuk lansia sebelum bulan Juni sudah selesai," tegas Yulianto.

Baca jugaSopir Pengacara Habib Rizieq Ditangkap Karena Bawa Golok, Katanya Buat Potong Mangga

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago