SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SALATIGA -- Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga mengklaim pelaksanaan vaksinasi bagi warga lanjut usia atau lansia di wilayahnya berlangsung lancar.

Bahkan, Salatiga masuk dalam daftar kabupaten/kota di Jateng yang paling aktif dalam melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Sejauh ini capaiannya cukup bagus. Persentasenya sekitar 29%. Dari total 25.000 warga lanjut usia yang menjadi sasaran vaksinasi, sudah ada sekitar 6.000 orang yang disuntik vaksin," ujar Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, kepada Solopos.com, Jumat (26/3/2021).

Baca jugaDi Klaten Muncul Klaster Keluarga, Warga Diimbau Tak Menggelar Tradisi Sadranan Besar-Besaran

Zuraidah mengatakan sesuai dengan instruksi pemerintah, vaksinasi bagi lansia saat ini memang menjadi prioritas. Hal itu dikarenakan lansia menjadi kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

"Makanya, untuk lansia di Salatiga kita lakukan percepatan dalam vaksinasi, selain pelayanan publik. Setiap vaksin yang datang, langsung kita berikan," terang Zuraidah.

Zuraidah menambahkan hingga saat ini tidak ada penolakan vaksin Covid-19 di Salatiga. Warga Salatiga justru antusias dengan program vaksinasi dari pemerintah.

"Kalau di Salatiga warganya malah berebut untuk divaksin. Jadwal vaksinasi pukul 09.00 WIB, mereka sudah datang sejam sebelumnya. Pada mengantre. Cuma kendalanya ya saat ini stok vaksinnya habis. Kita lagi nunggu dropping lagi dari pusat," tutur Zuraidah.

Baca jugaMenpan RB: Mal Pelayanan Publik di Salatiga, Reformasi Birokrasi

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, membenarkan jika pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di Salatiga tergolong tinggi.
Bahkan Salatiga masuk dalam daftar daerah di Jawa Tengah yang paling cepat melakukan vaksinasi lansia, selain Kota Magelang, Kota Solo, dan Semarang.

Sedangkan daerah yang masih terbilang rendah antara lain Kabupaten Boyolali, Brebes, Kebumen, Kabupaten Pekalongan, Batang, Rembang, Sragen, Wonogiri, Blora, dan Jepara.

"Untuk daerah yang masih rendah harus dilakukan percepatan. Target vaksinasi Covid-19 untuk lansia sebelum bulan Juni sudah selesai," tegas Yulianto.

Baca jugaSopir Pengacara Habib Rizieq Ditangkap Karena Bawa Golok, Katanya Buat Potong Mangga

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya