SOLOPOS.COM - Rizki Juniansyah mengangkat beban dalam Kejuaraan Angkat Besi Dunia Junior 2022 di Heraklios, Yunani, Jumat (6/5/2022) WIB. (Antara/HO-PB PABSI)

Solopos.com, JAKARTA – Atlet angkat besi (lifter) muda Indonesia mengharumkan nama bangsa setelah keluar sebagai juara dunia dengan meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022.

Ia adalah Rizki Juniansyah yang masih berusia 19 tahun. Rizki meraih emas tersebut dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 yang berlangsung di Heraklios, Yunani, Jumat (6/5/2022). Rizki merupakan lifter kelahiran Banten.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Rizki yang turun pada kelas 73 kg putra itu meraih emas untuk tiga kategori setelah mencatatkan angkatan snatch 156 kg, clean and jerk 185 kg, dan total angkatan 341 kg. Demikian catatan resmi yang dirilis IWF.

Tak hanya merebut emas, Rizki juga mempertajam rekor dunia junior snatch atas namanya sendiri yang dicatatkan di Kejuaraan Dunia Junior di Tashkent, Uzbekistan dari 155k g menjadi 156 kg.

Baca Juga: Sebelum ke SEA Games, Windy Cantika Tampil di Kejuaraan Dunia

“Saya memang hanya menaikkan satu kilogram saja karena saya tidak mau terlalu ‘ngaya’, mengingat jarak antara kejuaraan dunia dengan SEA Games cukup dekat. Jadi saya tidak mau menghabiskan peak performance saya di kejuaraan dunia,” ujar Rizki dalam keterangan tertulisnya seusai bertanding.

Medali perak kelas 73 kg diraih lifter Kazakhstan, Alexey Churkin dengan angkatan snatch seberat 146 kg, clean and jerk 183 kg, dan total angkatan 329kg. Sementara itu, medali perunggu menjadi milik lifter Amerika Serikat (AS), Henry Ryan Grimsland, dengan total angkatan 327 kg, dengan snatch 145 kg serta clean and jerk 182 kg.

Baca Juga: Eko Yuli Kembali Perkuat Indonesia di SEA Games 2021, Ini Alasannya

Sebelumnya pada Selasa (3/5/2022), lifter putri Indonesia, Windy Cantika Aisah, juga meraih medali emas di kelas 49 kg setelah membukukan angkatan snatch 83 kg, clean and jerk 102 kg dan total angkatan 185 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya