SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin ATM (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA–Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga, menyatakan pertumbuhan nilai transaksi e-commerce mencapai Rp401 triliun pada 2021. Hal ini membuat kartu debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) pun sudah bisa digunakan untuk berbelanja secara daring.

Bima menambahkan potensi masyarakat yang sudah menggunakan Internet dalam kehidupan sehari-hari, namun belum sepenuhnya melek digital adalah sebesar 20% dari nilai total penduduk Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pertumbuhan penggunaan e-commerce ditunjang oleh 2 hal utama, yakni logistik dan sistem pembayaran digital,” ujar Bima dalam keterangan resmi, Senin (28/3/2022).

Menurut Bima, penting bagi semua pihak untuk mendukung pertumbuhan UMKM agar bisa transisi menuju ekosistem digital.

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) memperkenalkan fitur baru kartu debit GPN, yaitu sistem untuk menjamin keamanan saat melakukan transaksi pembayaran digital dengan menggunakan 3 Domain Secure atau 3DS yang diimplementasikan kepada seluruh anggota bank terdaftar.

Sistem tersebut merupakan directory server yang menghubungkan antara payment gateway dengan bank.

Direktur Utama Jalin, Boyke Yurista, menyebut fitur ini untuk mendukung kenyamanan bertransaksi nasabah, serta mendukung misi GPN. “Fitur tersebut sejalan dengan peran Jalin untuk memberikan kenyamanan di setiap transaksi keuangan guna mendukung visi besar menjadi The National Digital Highway,” ujar Boyke.

Jalin juga mengapresiasi seluruh anggota bank terdaftar lewat ajang Jalin CX Summit 2022. Beberapa bank yang memperoleh apresiasi di antaranya Bank Mandiri sebagai The Best Partner of The Year, Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai The Most Active Issuer ATM Business. Ada pula Bank Negara Indonesia (BNI) yang memperoleh predikat The Most Active Acquirer ATM Business, Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai The Most Excellence Sharia Bank, dan Bank Central Asia (BCA) sebagai The Most Responsive Bank.

Sementara itu, Bank Tabungan Negara (BTN) mendapat apresiasi sebagai The Most Supportive Bank. Sejumlah bank daerah seperti BPD Lampung meraih predikat The Most Cooperative Bank, BPD Sumut sebagai The Most Excellence Growth, Bank Ganesha dengan apresiasi sebagai The Most Loyal Bank dan Bimasakti memperoleh penghargaan sebagai The Most Active QRIS.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Transaksi E-Commerce Capai Rp401 Triliun, Kartu GPN Kini Bisa Dipakai Belanja Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya