SOLOPOS.COM - Tim Juri Lomba Evaluasi dan Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2022 tiba di Taman Cerdas Soekarno Hatta saat proses penilaian lomba di Jebres, Solo, Senin (27/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, menjadi juara I sekaligus mewakili Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Lomba Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022. Pencapaian ini merupakan kali ketiga berturut-turut selama diadakan lomba tersebut bagi Kota Solo.

Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jateng No.414.1/3275/2022 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jateng 2022, pada kategori kelurahan, Jebres menjadi juara I.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya Kelurahan Sunggingan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus meraih juara II; dan Kelurahan Purwosari, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang menjadi juara III. Sementara juara I pada kategori desa adalah Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara.

Ekspedisi Mudik 2024

Kemudian Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap menjadi juara II dan Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang meraih juara III.

Sementara itu, sesuai Surat Menteri Dalam Negeri No.414.4/3446/BPD  tanggal 6 Juli 2022, tahapan Lomba Desa dan Kelurahan 2022 tingkat regional dimulai pekan ke-1 Agustus sampai pekan ke-3 September 2022.

Baca Juga: Kelurahan Jebres Solo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

Lurah Jebres, Lanang Aji Laksito, menjelaskan telah melengkapi dokumen Lomba Desa dan Kelurahan 2022 kepada panitia. Kelurahan menunggu pengumuman peserta yang lolos pada tahap paparan.

“Kota Solo tiga kali juara berturut-turut ketika diadakan lomba tingkat provinsi, Kelurahan Mangkubumen, Kelurahan Mojo, terus sekarang Kelurahan Jebres. Mangkubumen dulu juara nasional. Mojo tidak diselenggarakan lomba jadi mandek sampai provinsi,” kata Lanang kepada Solopos.com, Senin (8/8/2022).

Lanang menjelaskan ada sejumlah masukan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Pemprov Jateng akan memberikan dukungan pada lomba pada tingkat selanjutnya. “Berkas yang diunggah sebelumnya dikirim ke provinsi dulu untuk diverifikasi,” paparnya.

Baca Juga: Ini Alasan Jebres Jadi Juara Satu Lomba Kelurahan 2022 Kota Solo

Sebelum maju ke tingkat provinsi, Kelurahan Jebres menjuarai lomba Desa/Kelurahan tingkat Kota Solo pada Mei lalu dan berhasil mengalahkan empat kelurahan lain yang mewakili kecamatan masing-masing. Ada Kelurahan Kauman yang mewakili Kecamatan Pasar Kliwon.

Kelurahan Kerten mewakili Kecamatan Laweyan, Kelurahan Kratonan mewakili Kecamatan Serengan, Kelurahan Setabelan mewakili Kecamatan Banjarsari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya