SOLOPOS.COM - Ilustrasi rempah. (Freepik)

Solopos.com, UNGARAN — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, memberikan apresiasi terhadap PT Sido Muncul yang membuat Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia di Kabupaten Semarang, Jateng. Ia pun berharap pusat penelitian itu bisa menjadi titik balik rempah Indonesia kembali mendunia.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara Peresmian Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia di Kabupaten Semarang, Kamis (22/12/2022). Pengalaman berkunjung ke Suriname dan Belanda menjadi cerita Ganjar saat memberikan sambutan.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“Waktu itu saya kunjungan di Suriname, seperti biasa saat selesai kan bertukar semacam oleh-oleh. Nah dari pihak Suriname itu malah ngasih saya produk tolak angin,” seloroh Ganjar.

Ganjar lantas menceritakan pengalamannya bertemu veteran perang yang fasih berbahasa Jawa di Belanda. Ternyata di negara kincir angin itu tidak punya panganan dengan rasa yang khas.

“Kami ini mendapatkan kuliner yang enak setelah terjadi penjelajahan dan penjajahan di banyak negara termasuk menemukan rempah-rempah dari Indonesia, itu yang diceritakan,” ucap Ganjar.

Baca juga: Sembuh Berkat Makanan Organik, Penyintas Kanker di Salatiga Kini Dirikan Resto

Acara itu juga dihadiri Ketua Pengurus Pusat Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD), Letjen TNI (Purn) Doni Monardo; Kepala BPOM, Penny Lukito; dan Irwan Hidayat serta jajaran direksi PT Jamu dan Farmasi Sido Muncul.

“Maka kalau hari ini dari Sido Muncul membuat lab yang sangat bagus, ini kesempatan bertemunya seluruh pemangku kepentingan. Ini bisa kita dorong untuk hilirisasi menjadi produk yang punya brand bagus,” katanya.

Apalagi rempah Indonesia saat ini bersaing dengan rempah dari negara-negara Asia lain seperti Thailand. Hal itu diketahui Ganjar saat mengunjungi mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri.

Baca juga: Wow! Jubah Messi di Final Piala Dunia 2022 Ditawar Rp15,5 Miliar

“Mereka biasanya menemukan rempah mirip di Asia Shop dan itu biasanya dari Thailand. Saya bayangkan seluruh kedutaan kita bekerja sama dengan pemerintah lokal, punya Toko Indonesia dan menjual seluruh bumbu yang ada dan ini menjadi diplomasi kita,” katanya.

Ganjar mengapresiasi Sido Muncul yang meresmikan Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia. Ganjar berharap ini menjadi momentum bagi tanah air meraih kejayaan lewat kekayaan sumber daya yang ada.

“Harapan kita menjadi momentum titik balik untuk melompat kembali bahwa kita bisa punya sumber daya yang hebat, yang bisa menguasai dunia, dari apa yang kita miliki. Apa yang disediakan di tempat kita sendiri ini, hanya butuh satu saja komitmen dari pemerintah dan itu mesti kita dukung bersama,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya