SOLOPOS.COM - Kegiatan bursa Koi 2022 di Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jatim, Sabtu (14/5/2022). Selain untuk mengenalkan Desa Sumberdodol sebagai kampung ikan koi kepada masyarakat luas, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membantu pertumbuhan ekonomi warga desa setempat. (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Magetan)

Solopos.com, MAGETAN — Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dikembangkan menjadi sentra budi daya ikan koi dengan menggelar bursa koi 2022. Desa ini dikembangkan untuk potensi tersebut karena memiliki sumber air yang jernih.

Kepala Desa Sumberdodol, Karyono, mengatakan bursa ikan koi yang ketiga kalinya digelar tersebut berlangsung dua hari tanggal 14-15 Mei 2022 di area komplek Kolam Renang Tirto Mudo, desa setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami suguhkan berbagai jenis ikan koi kepada pecinta ikan koi yang berkunjung. Dari ukuran bibit, sedang, sampai yang besar ada di sini,” ujar Karyono yang dikutip dari Antara.

Menurut dia, Desa Sumberdodol yang berada di lereng Gunung Lawu memiliki potensi sumber air yang jernih dan cocok untuk perkembangbiakan ikan koi. Banyak warga setempat yang menjadi peternak ikan koi.

Baca Juga: Emak-Emak Madiun Protes Kandang Ayam, Bawa Ribuan Lalat untuk Pejabat

Melihat potensi tersebut, pemerintah desa setempat bekerja sama dengan Dinas Pertenakan dan Perikanan Magetan menggelar bursa ikan koi. Adapun, tahun 2022 ini merupakan yang ketiga kalinya digelar.

“Ikan koi yang disediakan di bursa tersebut mulai harga Rp35 ribu sampai jutaan rupiah. Semua merupakan kualitas terbaik dari budi daya masyarakat Sumberdodol sendiri. Mulai dari jenis kohaku, taisho sanshoku, bekko, asagi, tanco, sampai guromo ada dalam acara ini,” kata dia.

Selain untuk mengenalkan Desa Sumberdodol sebagai kampung ikan koi kepada masyarakat luas, kegiatan tersebut juga bertujuan membantu pertumbuhan ekonomi warga desa setempat.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Belum Temukan Kasus Hepatitis Misterius di Kota Madiun

Adapun pengunjung yang datang di bursa ikan koi tersebut tidak hanya berasal dari Magetan, namun juga dari wilayah lain, seperti Madiun, Ngawi, Ponorogo, Nganjuk, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya