SOLOPOS.COM - Pesilat asal Klaten, Khoirudin Mustakim, menunjukkan medali emas serta pesilat terbaik pada ajang 19th World Pencak Silat Championship 2022 di Malaysia. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Tim pencak silat Indonesia sukses menyabet gelar juara umum di ajang The 19th World Pencak Silat Championship 2022 atau Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022 yang berlangsung di Melaka, Malaysia, pada 25-31 Juli 2022.

Indonesia berhasil meraih 11 medali emas, 9 medali perak, dan 8 perunggu dalam kejuaraan dunia tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada kejuaraan tersebut, Indonesia diwakili oleh pesilat-pesilat berpengalaman pada kelasnya, namun ada juga yang pertama kali menjajaki kelas baru. Bahkan, ada yang sebagai debutan.

Ekspedisi Mudik 2024

Dari pernyataan tertulis yang diterima di Semarang, Kamis (4/8/2022), terdapat nama beken peraih medali emas, yakni Khoirudin Mustakim di antara para peraih medali emas. Pesilat kelahiran 2001 asal Klaten itu tampil sebagai juara di kelas A 45-50 kg putra, sekaligus menyandang predikat Pesilat Terbaik Putra di ajang tersebut.

Ada juga pesilat dari kelas B kategori berat 50-55 kg putri, Safira Dwi Meilani. Dia menjadi pendatang baru, namun bisa menampilkan permainan yang paling bagus di kelasnya.

Khoirudin dan Safira adalah dua dari puluhan pesilat Indonesia yang tampil di ajang ini dengan prestasinya.

Baca Juga: Prabowo Subianto Kembali Jadi Presiden Federasi Pencak Silat Dunia

Kedua pesilat menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), Prabowo Subianto, karena berjasa besar bagi kemenangan tim dengan memberi energi berupa dukungan, salah satunya terkait fasilitas.

“Terima kasih buat Pak Prabowo dan PB IPSI yang sudah menampung kita dari TC dari segala perlengkapannya. Alhamdulillah kita bisa membuktikan jadi juara umum lagi di kejuaraan dunia,” kata mereka kompak.

Baca Juga: Timor Leste Menang 10-0, Pecahkan Rekor Indonesia di Piala AFF U-16

Sementara itu, salah satu pelatih Abas Akbar menyebutkan bahwa Prabowo sangat memfasilitasi para atletnya baik dari segi teknis, strategi, maupun sisi nonteknis.

“Banyak sekali (dukungan Prabowo). Apalagi, ada peraturan baru, fasilitas-fasilitas yang harus kita punya ya, dari mulai IT dan peraturan-peraturannya, kita di-support habis,” ucap Abas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya