SOLOPOS.COM - Rizki Juniansyah memberikan hormat saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan dan bendera Merah Putih dikibarkan setelah ia menerima medali emas di Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022.

Solopos.com, JAKARTA – Lifter Indonesia kembali membuat kejutan dan kali ini dipersembahkan oleh atlet muda Rizki Juniansyah yang sukses mencetak rekor dunia baru angkatan snatch pada Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022 di Tashkent, Uzbekistan, Kamis (21/7/2022) malam waktu setempat.

Rizki Juniansyah yang merupakan atlet angkat besi kelas 73 kg asal Serang, Banten. Dalam rilis kepada awak media, Jumat (22/7/2022), Rizki melakukan angkatan snatch pertama dengan 149 kg, kemudian 154 kg dan terakhir mencatatkan rekor dunia baru dengan 157 kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya pada angkatan clean & jerk, ia mampu mengangkat beban 182 kg. Rizki sempat mencoba 195 kg pada dua percobaan berikutnya guna pecahkan rekor dunia, namun belum berhasil. Adapun total angkatan Rizki seberat 339 kg.

Ekspedisi Mudik 2024

Rekor dunia angkatan snatch sebelumnya dicetak oleh Rizki Juniansyah sendiri pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 di Heraklion, Yunani 6 Mei lalu. Kala itu ia mencatatkan rekor snatch dengan berat 156 kg.

Begitu juga dengan rekor angkatan clean & jerk dengan berat 194 kg dan total angkatan 349 kg juga masih atas nama Rizki Juniansyah yang diraih di Uzbekistan 26 Mei 2021.

Baca Juga: Kritik Persis Solo, Pagar Hijau Manahan: Performa Turun, Harus Berbenah

Pada Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022 di Tashkent, Uzbekistan, sudah lima atlet angkat besi Indonesia yang unjuk kemampuan dan mempersembahkan enam emas, 4 perak dan 5 perunggu. Saat ini, menurut laporan Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) masih menyisakan satu atlet yang bertanding.

Atas prestasi tersebut, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan selamat dan apresiasi.

Baca Juga: Terbaru! Klasemen MotoGP 2022

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya menyampaikan selamat kepada Rizki Juniansyah yang berhasil membuat Indonesia bangga melalui prestasinya, menjadi juara sekaligus pecahkan kembali rekor dunia junior pada angkat besi kelas 73 kg putra. Saya juga sampaikan selamat kepada atlet lainnya yang telah berjuang dan meraih prestasi gemilang,” katanya.

Tidak lupa Marciano juga berterima kasih kepada jajaran PB PABSI yang dipimpin oleh Rosan Roeslani dan Sekjen Mayjen TNI Mar Purn Djoko Pramono beserta jajarannya karena selalu berhasil mengantar atlet Indonesia mengibarkan Merah Putih disertai dikumandangkannya lagu Indonesia Raya pada setiap kejuaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya