top ear
Anggota Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo saat menyalurkan bibit Ikan Patin dari mobil menuju kapal untuk disebar di area Waduk Gajah Mungkur, Selasa (30/6/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)
  • SOLOPOS.COM
    Anggota Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo saat menyalurkan bibit Ikan Patin dari mobil menuju kapal untuk disebar di area Waduk Gajah Mungkur, Selasa (30/6/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Mantap! 50.000 Bibit Ikan Patin Disebar di WGM Wonogiri

Penebaran bibit ikan dilakukan di Waduk gajah Mungkur Wonogiri.
Diterbitkan Rabu, 1/07/2020 - 08:00 WIB
oleh Solopos.com/Aris Munandar
2 menit baca

Solopos.com, WONOGIRI -- Sebanyak 50.000 bibit ikan patin disebar di area Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Selasa (30/6/2020).

Penebaran bibit tersebut dilakukan oleh Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo dalam rangka pengelolaan sumber daya air di WGM pada 2020.

Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) III, PJT I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Setiyantono, mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya penambahan stok ikan tangkapan pada perairan umum.

Jadi Pengemis, Pria Ngrampal Sragen Kantongi Rp250.000/Hari, Punya Sapi dan Motor Juga Loh

Pada saat ini di WGM dianggap telah mengalami krisis akibat penangkapan ikan atau tingkat pemanfaatan secara berlebihan. Hingga kini masih ditemukan nelayan yang menggunakan branjang atau jaring tarik kecil. Sehingga ikan berukuran kecil juga ikut tertangkap. Hal itu mempengaruhi perkembangan dan jumlah ikan di WGM.

"Kami berharap penebaran bibit ikan ini bisa menambah stok ikan agar bisa dipanen untuk dikonsumsi. Selain itu juga bisa mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang," kata dia kepada wartawan di sela-sela acara, Selasa.

Manfaat

Ia mengatakan, ada tiga manfaat penebaran bibit ikan patin di WGM. Pertama, dari sisi ekologi bisa mengembalikan keseimbangan mata rantai kehidupan dalam waduk. Dalam hal ini ikan berperan sebagai pengendali jasad renik. Sehingga bisa mencegah terjadinya kelimpahan jasa renik (blooming).

Kedua, dari sisi lingkungan, jika terjadi blooming maka akan terjadi penurunan kualitas air atau pencemaran waduk dan aliran sungai di hilirnya. Dalam hal ini peran ikan menjadi penting dalam keseimbangan mata rantai kehidupan waduk.

117 Warga Sempol Bimo Klaten Isolasi Mandiri, Makanan Dipasok Dapur Umum

Ketiga, dari sisi ekonomi, budidaya ikan di WGM dapat memberikan manfaat ekonomis kepada masyarakat, terutama nelayan di sekitar waduk.

Kegiatan penebaran bibit ikan patin di WGM sudah dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahun, dimulai sejak 2010. Pada 2010 bibit yang ditebar sebanyak 50.000 ekor. Sedangkan pada 2011-2019 sebanyak 100.000 ekor pada setiap tahunnya.

"Sejak 2010 kami memlih ikan patin. Karena jenis ikan tersebut dapat tumbuh kembang dengn baik di WGM," kata Setiyantono.


Editor : Profile Ahmad Baihaqi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini