SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo diambil darahnya oleh petugas PMI Kota Solo di Joglo RW 009 Pucangsawit, Jebres, Sabtu (21/8/2021).(Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Seribuan kader dan simpatisan DPC PDIP Solo mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Joglo RW 009 Kelurahan Pucangsawit, Jebres, Sabtu (21/8/2021).

Kegiatan kemanusiaan itu dipimpin langsung Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo. Tampak hadir jajaran pengurus DPC PDIP Solo seperti Jhoni Sofyan Erwandi, Her Suprabu, Budi Prasetyo, dan Y.F. Sukasno.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ada juga Roro Indradi Sarwo Indah, Ety Isworo, Janjang Sumaryono Aji, Paulus Haryoto, dan Ketua PAC PDIP Jebres, Honda Hendarto. Tak ketinggalan ikut berpartisipasi para anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Rudy, panggilan akrab F.X. Hadi Rudyatmo saat diwawancara wartawan mengatakan pendaftar donor darah ada 1.600 orang. Saking banyaknya pendaftar membuat kegiatan digelar hingga Minggu (22/8/2021).

“PDIP Solo sebelumnya juga menggelar penyemprotan disinfektan di kampung-kampung dan donor plasma darah konvalesen terkait kondisi pandemi Covid-19. Hari ini kami lakukan kegiatan donor darah,” ujar mantan Wali Kota Solo tersebut.

Tidak hanya mengajak kader PDIP donor darah, Rudy juga ikut mendonorkan darahnya. Rudy tergolong pendonor darah yang rajin. Tiap tiga bulan sekali ia rutin menyumbangkan darah.

“Saya selama ini rutin donor darah. Terakhir kemarin mestinya saya donor 24 Juni 2021, tapi karena positif Covid-19 akhirnya diundur dan baru sekarang bisa donor lagi. Kegiatan ini wujud kepedulian PDIP,” urai dia.

Kesadaran Sosial Tinggi

Ketua Panitia Donor Darah DPC PDIP Solo, Y.F. Sukasno, menargetkan 1.000 peserta ikut kegiatan ini. Yang terjadi di lapangan, antusiasme masyarakat tinggi dan jumlah peserta pun melebihi target.

Menurut dia, ini membuktikan tingginya kesadaran sosial dan kepedulian warga Solo, dan PDIP semakin diterima masyarakat. “Kesadaran masyarakat bergotong royong membantu sesama kian baik,” kata dia.

Baca Juga: Bansos PPKM Darurat dari APBD Solo Segera Cair, Penerimanya 42.507 Orang

Apalagi, menurut Sukasno, kegiatan donor darah tersebut tidak hanya diikuti kader PDIP, tapi juga masyarakat umum. Masyarakat tidak lagi memandang latar belakang apa pun dalam melakukan misi kemanusiaan.

Terkait banyaknya peserta, Sukasno menyatakan panitia menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Seperti mengatur waktu kedatangan, menjaga jarak, menyiapkan masker dan tempat cuci tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya