SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita (Idiva.com)

Orang berbohong bisa diketahui dari beberapa gestur tubuh.

Solopos.com, SOLO — Mantan agen intelejen di CIA, Philip Houston, Michael Floyd, dan Susan Carnicero membeberkan beberapa tanda seseorang sedang berbohong. Floyd membeberkan sejumlah ciri fisik yang dapat segera diketahui orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Simak ulasannya dilansir dari Parade, Kamis (19/1/2017):

Ada jeda dalam bicaranya

Ketika Anda bertanya pada seseorang dan dia tidak langsung menjawab, ada kemungkinan dia sedang menyiapkan karangan cerita. Ada jeda selama beberapa saat sebelum dia mulai merespons sedikit demi sedikit.

Hal ini disebut sebagai salah satu indikator bahwa dia sedang berbohong.

Verbal dan non-verbal tidak cocok

Orang yang jujur biasanya akan menunjukkan bahasa tubuh yang sesuai dengan apa yang dikatakannya.

Sementara, pada orang yang berbohong, gesturnya terlihat tidak sesuai dengan ucapannya. Misalnya, ketika dia menjawab “iya”, namun kepalanya secara perlahan bergerak ke kanan dan ke kiri.

Menyembunyikan mata atau mulut

Seseorang yang sedang berbohong sering menyembunyikan mata atau mulutnya. Misalnya, dia menjawab dengan menutupi mulutnya dengan tangan, artinya dia sedang menyembunyikan sesuatu. Hal ini juga dapat dilihat ketika dia menghindari kontak mata dengan lawan bicara. Dia melakukan ini di alam bawah sadar dan mencoba karena sedang memberikan jawaban yang bohong.

Berdehem atau menelan ludah

Berdehem atau menelan ludah sebelum menjawab pertanyaan juga bisa menjadi indikasi seseorang sedang berbohong. Secara emosional, dia sedang berusaha mengatur nada bicara yang akan dikeluarkan ketika sedang berbohong. Jika dia berdehem atau menelan ludah setelah berbicara, itu bukan masalah. Tetapi jika dia melakukannya sebelum berbicara, bisa jadi dia sedang berbohong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya