SOLOPOS.COM - Manny Pacquiao (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Solopos.com, MAKAU – Petinju Filipina, Manny Pacquiao, mengaku tak ada keraguan sedikit pun saat menjalani pertarungannya dengan Brandon Rios.

Pacman, julukan Pacquiao, akan menghadapi Rios dalam duel tinju dunia kelas welter di The Venetian Macao Resort, Makau, China, Minggu (24/11). Meski pun memiliki sederet pencapaian lebih mentereng dibanding Rios, banyak yang mulai meragukan kualitas Pacquiao.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pacquiao dianggap sebagai salah satu petinju paling dinamis dalam satu dekade terakhir. Meski demikian, pamornya mulai menurun seiring dua kekalahannya di 2012 lalu, Bahkan, di pertarungan terakhirnya, Pacquiao mengalami kekalahan setelah dipukul knock out (KO) oleh Juan Manuel Marquez di ronde keenam, Desember 2012 lalu.

Sekarang, di usianya yang tinggal sebulan lagi menginjak 35 tahun, mampukan Pacquiao menghapus keraguan itu saat menghadapi mantan juara dunia kelas ringan asal Amerika, Brandon Rios.

“Saya telah melupakan pertarungan terakhir dan menatap ke depan,” ujar Pacquiao, dilansir LA Times, Sabtu (23/11/2013).
“Itu adalah pengalaman, bagian dari tinju,” imbuhnya.

Pacquiao mengaku telah menjalani persiapan dengan matang. Pertama, ia mengambil cuti panjang dari tugasnya sebagai senator, lalu menambah jadwal latihannya, dua bulan di Hollywood, dan tiga bulan di dekat rumahnya di General Santos City, Filipina.

Disinggung tentang perbedaan usianya yang cukup jauh dengan Rios, Pacquiao mengaku tak mempermasalahkannya. Perbedaan usia di antara keduanya, saat ini berselisih tujuh tahun, di mana Rios, tengah memasukki masa keemasannya di usia 27 tahun.

“Saya tidak tua,” ujar Pacquiao.

Sementara itu, Pelatih Pacquiao, Freddie Roach, mengaku tak khawatir dengan banyaknya keraguan terhadap petinjunya setelah di-KO Marquez.

“Dia tampak sama besar, seperti sebelumnya saat di atas ring,” ujar Roach.

Menurut Roach, kemenangan Marquez atas Pacquiao lebih dikarenakan faktor kesialan. Dan itu tak akan terjadi lagi saat menghadapi Rios.

“Dia menjalani latihan yang hebat. Saya tahu orang-orang skpetis terhadap KO-nya, tapi Manny Pacquiao adalah seorang yang realis. Saya tidak berpikir itu akan mempengaruhinya sama sekali.”

Di bursa taruhan MGM Resorts, Pacquiao lebih diunggulkan dibanding Rios dengan perbandingan 4:1. Rios diprediksi akan kalah karena lebih lambat dan memiliki pukulan kurang berbobot.

Data & Fakta
Manny Pacquiao         Brandon Rios
Filipina         Negara     Amerika Serikat
34 tahun    Usia     27 tahun
Southpow     Tipikal    Orthodox
169 cm        Tinggi     175 cm
170 cm         Jangkauan     178 cm
54(38 KO)-5-2     Rekor     31(23 KO)-1-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya