Mangut Beong, Kuliner Wajib Magelang

Mangut beong adalah sajian kuliner khas Magelang dari ikan langka di Sungai Progo.
SHARE
Mangut Beong, Kuliner Wajib Magelang
SOLOPOS.COM - Kuliner Mangut Beong khas Magelang. (Youtube)

Solopos.com, MAGELANG — Setiap daerah di Jawa Tengah memiliki makanan khas yang lezat dan wajib dicicipi. Seperti olahan kuliner mangut beong khas Muntilan, Magelang, yang tidak boleh dilewatkan.

Bagi sebagian orang, makanan bernama mangut beong mungkin masih asing di telinga. Namun, sebenarnya hidangan yang satu ini tidak berbeda jauh dengan mangut pada umumnya.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Mangut adalah makanan berkuah santan dengan cita rasa pedas yang mirip seperti gulai, namun rempah-rempahnya lebih sederhana. Makanan khas Magelang ini menggunakan daging ikan beong sebagai bintang utama.

Beong adalah ikan khas Sungai Progo yang kini mulai langka. Dalam bahasa daerah lain, beong dikenal sebagai ikan baung yang banyak ditemukan di sungai kawasan Sumatra dan Kalimantan. Bentuk ikan ini menyerupai lele, namun ukurannya lebih besar.

Di Kabupaten Magelang, ikan beong diolah menjadi mangut. Dikutip dari laman magelangkab.go.id, Jumat (20/5/2022), ikan beong sangat cocok dimasak menjadi mangut, karena jika hanya digoreng rasanya kurang lezat. Apalagi ikan ini memiliki bau amis yang menyengat dan sulit dihilangkan. Tapi dengan aneka rempah dalam resep mangut, bau amis pada ikan beong bisa disamarkan.

Baca juga: Kronologi Ustaz di Magelang Cabuli Santri: Minta Kopi, Lalu Merayu

Ekspedisi Energi 2022

Proses pembuatan mangut beong khas Magelang dimulai dengan membersihkan ikan dan menyiapkan aneka bumbu dapur seperti kunyit, lengkuas, serai, daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, merica, dan cabai.

Tak lupa air perasan jeruk nipis ditambahkan untuk mengilangkan bau amis pada ikan. Selanjutnya, ikan beong digoreng terlebih dahulu sembari menyiapkan bumbu untuk dihaluskan.

Selanjutnya, tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan santan, dan masak sampai mendidih. Setelah itu masukkan daging ikan beong yang sudah digoreng, dan tunggu santan mendidih kembali.

Baca juga: Asale Nasgor Magelangan, Kuliner Magelang yang Populer di Jogja

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak mangut beong sekitar 45 menit. Cara pembuatannya terbilang mudah, akan tetapi membutuhkan keahlian khusus serta kepekaan dalam cita rasa. Sehingga yang dihasilkan adalah mangut beong spesial pedas dan gurih.

Olahan kuliner mangut beong ini baru dikenal luas di Magelang selama beberapa tahun terakhir. Selain pedas, cita rasa gurih menambah kenikmatan sajian ini. Apalagi jika Anda menyantap bagian kepala ikan beong yang begitu lezat. Seporsi hidangan ini dibanderol mulai Rp20.000 hingga Rp50.000.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago