SOLOPOS.COM - Kegiatan Rebon Kemantren Langenpraja di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran Solo. (Istimewa/KGPAA Mangkunagoro X via akun Instagram @puromangkunegaran)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran Solo akan mengadakan roadshow mengunjungi tiga negara dengan membawa misi kebudayaan. Ketiga negara itu yakni Malaysia, Thailand, dan Australia.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com dari Pura Mangkunegaran, Minggu (17/7/2022), kegiatan bertajuk Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 by Puro Mangkunegaran itu akan diawali dengan berpartisipasi pada ajang Borneo Cultural Festival di Dataran Tun Tuanku Bujang, Sibu, Malaysia, 19-23 Juli 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah itu roadshow berlanjut dengan keikutsertaan dalam acara Indonesia Day di Museum Boola Bardip, Perth, Australia pada 20 Agustus 2022. Terakhir, rangkaian roadshow ditutup dengan mengikuti acara Trade Tourism Investment and Cultural (TTIC) Forum di Siam Square One, Bangkok, Thailand pada 16-18 September 2022.

Dalam roadshow itu, Kemantren Langenpraja Pura Mangkunegaran Solo akan membawakan beberapa tarian khas kadipaten tersebut di antaranya Beksan Golek Montro, Gatotkoco Dadung Awuk, Srimpi Muncar, dan Bondoyudo.

Tak lupa Pura Mangkunegaran juga akan memperkenalkan barang-barang kerajinan trandional dan mengadakan workshop kesenian bagia masyarakat umum. Pura Mangkunegaran akan menjajaki potensi kerja sama di bidang kebudayaan dengan universitas dan pegiatan budaya di tiga negara tersebut.

Baca Juga: Keren! Penari Mangkunegaran Solo akan Terlibat Misi Budaya di 3 Negara

Kerinduan, Ketertarikan, dan Kesempatan

“Kami melihat banyak masyarakat di luar negeri, baik WNI maupun WNA, yang tertarik untuk turut mempelajari dan melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya Jawa dalam hal ini,” ungkap Pembina Kemantren Langenpraja Pura Mangkunegaran, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo dalam siaran pers tersebut.

“Kegiatan ini kami harap dapat menjadi sarana mengenal dan belajar bagi masyarakat internasional, langsung dari Pura Mangkunegaran sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa,” imbuhnya.

Sementara itu, KGPAA Mangkunagoro X, dalam siaran pers yang sama mengungkapkan keinginannya memperkenalkan kebudayaan Pura Mangkunegaran Solo ke masyarakat seluas-luasnya baik di dalam maupun luar negeri melalui roadshow tersebut. Apalagi, saat ini sudah banyak budaya Indonesia yang menjadi warisan budaya dunia.

Baca Juga: Ketemu Bhre, Ganjar Usul Wisatawan Bermalam di Pura Mangkunegaran Solo

Berdasarkan pemikiran tersebut, Mangkunagoro X melihat adanya kerinduan, ketertarikan, dan kesempatan untuk melakukan hal tersebut di luar negeri. “Pura Mangkunegaran mengirimkan Kemantren Langenpraja supaya masyarakat internasional bisa melihat langsung dari sumbernya,” jelas Mangkunagoro X.

Ia menambahkan relasi internasional di bidang kebudayaan sebenarnya sudah dilaksanakan oleh Pura Mangkunegaran di era Mangkunagoro-Mangkunagoro sebelumnya. Ia berharap bisa menghidupkan kembali hubungan kerja sama tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya