SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisata alam (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Manfaat wisata alam sangat banyak. Rekreasi ini digemari kebanyakan orang di masa pandemi Covid-19 ini. Selain risiko rendah tertular Corona, ternyata jenis rekreasi ini bisa kurangi stres.

Selain itu, tidak sedikit orang memilih wisata alam guna mengurangi stres akibat tekanan kerja dan masalah kehidupan lainnya. Apa sajakah manfaat wisata alam? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Promosi Peneliti Harvard Ungkap Peran BRI Dorong Inklusi Keuangan lewat Digitalisasi

Hal ini seperti diungkapkan seorang karyawati swasta asal Solo, Ina, 30. Dia mengaku senang berwisata alam seperti mendaki gunung dan kegiatan luar ruangan lainnya seperti bersepeda ke desa-desa untuk mengurangi stres. Dengan wisata alam, dia mendapatkan berbagai manfaat.

Baca Juga: Tante Ernie Bersyukur Sudah Negatif Covid-19

Ekspedisi Mudik 2024

Menanggapi hal ini, psikolog klinis dari lembaga holistic healing Enlightmind, Nirmala Ika, mengatakan bahwa wisata alam mengurangi stres karena berada di alam membantu mengurangi kortisol.

Kortisol berkaitan erat dengan hormon yang menyebabkan stres. Selain itu, berwisata alam juga cenderung meningkatkan dopamin dan endorfin yang mendorong perasaan bahagia.

“Karena itu wisata alam cenderung membuat kita menjadi lebih relaks, membuat mood kita menjadi lebih baik, membuat kita merasa lebih sehat dan akhirnya mengurangi stres dan ketegangan,” kata Nirmala seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (23/3/2021).

Salah satu kegiatan luar ruangan yang digemari banyak orang adalah naik gunung. Menurut Nirmala, mendaki gunung sebenarnya bukan hal sederhana dan mudah karena memerlukan persiapan.

Walaupun pemandangan di atas gunung sering kali menggoda untuk didatangi tapi lebih baik setiap orang bijak juga untuk melihat kapasitas diri sendiri, katanya.

Baca Juga: Rose Blackpink Ukir Sejarah, Kali Ini Masuk Billboard Hot 100

“Apakah kita secara fisik cukup kuat? Apakah kita punya pengalaman atau informasi yg memadai untuk naik gunung? Apakah karakter saya juga cocok? Apa tujuan saya naik gunung? Apa motivasi saya?”

Apa saja manfaat baik wisata alam itu?

Dalam riset yang dilakukan Marc Berman dari University of Michigan, Amerika Serikat beberapa waktu lalu terungkap keindahan alam banyak diyakini memiliki kemampuan spesial untuk membuat pikiran lebih segar.

Disebutkan dalam studi itu, kalau orang yang badannya tidak fit atau terserang penyakit tertentu, relatif lebih cepat pulih setelah melihat rimbunnya pepohonan di alam bebas, dibandingkan mereka yang hanya melihat susunan gedung.

Bahkan dalam penelitian itu juga disebut, kalau orang yang tinggal di perumahan yang rimbun pepohonannya atau indah hamparan rumputnya, punya kemampuan fokus yang lebih baik dari mereka yang menetap di apartemen di tengah kota.

Baca Juga: Jepang Bakal Larang Penggunaan Sendok Plastik, Ini Alasannya

Seorang dokter dari Inggris pernah merilis penelitian dari kegiatannya mengumpulkan bukti bahwa orang cenderung lebih bahagia saat berada di pedesaan, perkebunan, atau sekadar menikmati taman.

Sebabnya, desiran angin di tengah perpaduan pepohonan, bebatuan, dan sungai mampu menimbulkan efek rileks dan membuat pikiran lebih adem, sehingga rasa mumet atau pusing akibat berbagai urusan atau rutinitas sehari-hari pun teredam, dan jadi lebih bisa fokus dan berpikir tenang setelahnya.

Sebaliknya, orang yang jarang bersentuhan dengan alam cenderung mudah merasakan depresi dan kegelisahan. Jadi, kalau kepenatan sudah terasa mengarah ke stres, jangan tunda lagi untuk mengajak teman atau keluarga berlibur ke alam bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya