SOLOPOS.COM - Ilustrasi manfaat seledri untuk tubuh (Rinnai)

Solopos.com, SOLO-Seledri merupakan salah satu jenis pelengkap makanan yang sering dijumpai dan digunakan pada setiap makanan. Anda juga pasti pernah menggunakan seledri sebagai tambahan untuk mempercantik makanan atau teman bawang dalam memakan bakso.

Seledri yang memiliki nama ilmiah apium graveolens ini bisa dimanfaatkan daunnya, batangnya, maupun bijinya. Namun, tahu kah kamu bahwa ternyata seledri ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan yang mengejutkan bagi tubuh. Nah, untuk tahu lebih jelas mengenai kandungan dan manfaat seledri, simak penjelasannya Rinnai berikut ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

  • Menghambat perkembangan kolesterol

Daun seledri dinilai cocok sebagai obat untuk mengatasi masalah kolesterol. Seledri dapat menghambat perkembangan kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kadar LDL terlalu banyak dalam darah, risiko mengalami penyakit jantung dan stroke bisa semakin besar. Mengonsumsi seledri dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan oleh sebab itu, jika ingin mengurangi risiko dari berbagai penyakit serius tersebut, kamu bisa memasukkan seledri ke dalam menu makanan harian kamu. Apabila kolesterol yang kamu miliki tidak kunjung turun, kamu bisa mencoba untuk konsumsi jus seledri yang dicampur wortel untuk meminimalisir aroma khasnya yang menyengat.

  • Menjaga kesehatan organ hati

Manfaat seledri lainnya adalah menjaga kesehatan organ hati. Ekstrak metanol dari biji seledri bisa melindungi hati dari kerusakan akibat paracetamol dan karbon tetra klorida. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun seledri juga memiliki peranan penting dalam pengobatan untuk berbagai masalah liver. Saat organ ini mengalami kerusakan, pemeriksaan laboratorium dapat menunjukkan hasil abnormal seperti peningkatan albumin, SGOT, SGPT, dan total protein. Namun ternyata ekstrak dari daun seledri dapat menurunkan hasil-hasil abnormal tersebut. Ekstrak dari seledri juga dapat memperbaiki struktur jaringan hati yang telah rusak.

  • Mengatasi dehidrasi

Seledri termasuk salah satu sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan kandungan air di dalam seledri pun berkisar antara 90-99 persen. Karena kandungan air yang besar, salah satu manfaat seledri menjaga tubuh tetap terhidrasi. Daun seledri mampu mengatasi masalah dehidrasi tubuh, sehingga baik untuk kesehatan kulit, ginjal, hingga pencernaan. Dengan mengonsumsi seledri dapat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian. Tingginya kandungan air dalam seledri dapat membuatnya menjadi salah satu pelengkap makanan untuk dikonsumsi saat udara terasa begitu panas.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Daun seledri yang tinggi serat dan memiliki sifat antioksidan dipercaya dapat meningkatkan sistem pencernaan. Daun seledri juga mempunyai kandungan polisakarida berbasis pektin yang bisa membantu melancarkan pencernaan, mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Anti-inflamasi dan antioksidan yang terdapat di dalam seledri dapat melindungi saluran pencernaan. Seledri juga memiliki 95% kandungan air yang dapat memperlancar saluran pencernaan dan satu cangkir batang seledri memiliki 5 gram serat.

  • Membantu penurunan berat badan

Jus seledri rendah kalori bisa menjadi menu diet andalan kamu. Daun seledri memiliki kandungan serat tinggi dan kalori yang rendah. Hal ini membuat manfaat seledri bisa dijadikan pilihan makanan untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi daun seledri membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan sangat penting bagi tubuh untuk mengatur metabolisme lemak. Satu cangkir seledri memiliki 14 kalori atau setara 1,5 gram serat. Seledri bisa dijadikan alternatif sebagai tambahan salad dan sup ketika sedang menjalani diet. Daun seledri juga punya kemampuan untuk menjadi cadangan nutrisi bagi tubuh dan mengelola metabolisme lemak tubuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya