SOLOPOS.COM - Tangkapan layar penampakan sirkuit Mandalika, Lombok. (Istimewa/Motogp.com)

Solopos.com, LOMBOK — Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) disebut-sebut sebagai yang terindah di dunia. Mengapa demikian?

Lintasan utama sirkuit ini menggunakan teknologi aspal terbaru stone mastic asphalt (SMA) akan memanjakan para pembalap dan penonton yang akan hadir di menyaksikan balapan motor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sirkuit Mandalika bakal menjadi lokasi balapan World Superbike (WBSK) seri ke-13 yang akan berlangsung pada 19-21 November mendatang.

Baca juga: Sirkuit di Boyolali Berkelas Internasional, Tak Kalah dari Mandalika

Sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 km dilengkapi 17 tikungan itu disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia, bahkan mengalahkan Sirkuit Sepang Malaysia.

Berbagai keunggulan itu membuat pembalap dunia, Valentino Rossi penasaran menjajal tikungan di Mandalika untuk balapan MotoGP.

Selain tikungannya, spesifikasi lain dari Sirkuit Mandalika yang menjadi perhatian Rossi adalah lokasinya.

Arena balap di Mandalika berbeda dengan sirkuit lain karena memiliki panorama perbukitan dan laut Lombok yang indah.

Baca juga: Siap-Siap Lur! Tilang Vaksin Mulai Berlaku, Termasuk Solo & Sukoharjo

Rossi mengatakan jika nanti saat balapan cuaca sangat panas, dia akan langsung terjun ke laut. Pasalnya, sirkuit ini berada di pinggir pantai.

“Jadi ini akan sangat sulit, terlebih lagi trek akan sangat dekat dengan laut. Jika sangat terik, maka kita bisa langsung terjun ke laut,” kata dia sembari tertawa.

Sirkuit Mandalika dilengkapi 40 garasi. Sirkuit internasional ini mampu menampung hingga 200.000 penonton dengan perincian 50.000 penonton duduk, 138.000 penonton berdiri, dan 7.700 area VIP. Bagaimana menarik bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya