SOLOPOS.COM - Warga memancing di Embung Bendosari yang dikelola oleh Bumdes Dewa Limasari, Minggu (13/11/2022). Embung ini dibuka secara resmi pada Minggu. (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI – Pemerintah Desa (Pemdes) Bendosari, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali membuka secara resmi embung yang akan dijadikan sebagai lokasi mancing mania, Minggu (13/11/2022).

Tiket untuk memancing di tempat ini mulai Rp10.000 per sesi. Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dewa Limasari Bendosari, Danardono, mengatakan tiket memancing lebih mahal khusus saat ikan baru ditabur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Biaya untuk memancing kalau tiap habis taburan pas pagi sampai sore itu Rp25.000, kemudian malamnya Rp15.000 per orang. Kalau untuk harian biasa Rp10.000 per orang. Buka setiap hari kami,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com di Embung Bendosari, Minggu (13/11/2022).

Danardono mengatakan pemancing dapat memancing sepuasnya di tiap sesi dengan biaya mulai Rp10.000 per orang. Sesi pertama dimulai pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB, kemudian sesi kedua mulai pukul 16.00 WIB – 01.00 WIB.

Sebelum dibuka resmi pada Minggu, Danar menyebutkan sebanyak 200 kilogram ikan ditabur di Embung Bendosari pada Kamis (10/11/2022). Waktu menabur ikan dilakukan setiap sepekan hingga sepuluh hari sekali.

Baca juga: Meski Dilarang, Pencarian Ikan Gunakan Racun dan Setrum Marak di Klaten

Danar mengungkapkan sebelum ditaburi ikan baru, Embung Bendosari juga telah menjadi rumah bagi 1 ton ikan mulai dari nila dan lele.

“Keistimewaan embung di sini itu luas, ikannya berlimpah, tempat strategis, kemudian view-nya itu bagus. Kalau pas cuaca bagus, dari pojok timur nanti bisa lihat Gunung Merapi dan Merabu. Dari barat nanti bisa melihat Gunung Lawu,” jelasnya.

Embung ini dianggap berlokasi strategis karena dekat dengan jalan raya Solo – Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan wilayah Sukoharjo.

Lebih lanjut, Danar mengatakan pada pembukaan perdana spot pemancingan tersebut telah memenuhi target. Awalnya, ia menargetkan 100 orang hadir dalam pembukaan tersebut.

“Tapi ini sampai jam 10 pagi [pukul 10.00 WIB] sudah ada sekitar 120-an di sesi pertama,” kata dia.

Baca juga: MEMANCING IKAN DI TENGAH RAWA JOMBOR

Sementara itu, salah satu pemancing, Slamet Raharjo, 20, asal Simo, Jatirejo, Sawit, mengatakan dirinya telah datang sejak embung dibuka pukul 07.00 WIB.

Slamet mengatakan dirinya membayar Rp25.000 untuk sekali memancing pada Minggu pagi tersebut. Ia mengaku tak keberatan dengan harga yang diberikan oleh pengelola.

“Jangankan Rp25.000, saya pernah mancing yang bayarnya Rp100.000 saja tidak apa-apa. Memancing kan hobi saya,” ujarnya.

Slamet mengatakan memancing memang memiliki kesulitan tersendiri, akan tetapi jika mampu menangkap ikan akan terdapat kesenangan luar biasa.

“Kalau mancing di sini [Desa Bendosari] baru sekali ini, tempatnya enak. Targetnya nanti dapat sebanyak-banyaknya,” kata dia.

Baca juga: WISATA BOYOLALI : Destinasi River Tubing Sawit Terus Dipersolek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya