SOLOPOS.COM - Elon Musk dikabarkan batal membeli Twitter. (Solopos Dok)

Solopos.com, JAKARTA–Orang terkaya di dunia Elon Musk membuat heboh dengan pengakuan telah membeli Manchester United (MU). Namun belakangan bos Tesla tersebut mengatakan hanya bercanda dengan pernyataannya membeli saham klub Liga Inggris tersebut.

Elon Musk mengaku mengakuisisi kepemilikan saham Manchester United melalui cuitannya di Twitter. “Also, I’m buying Manchester United ur welcome,” ujarnya singkat di akun Twitter miliknya @elonmusk, Rabu (17/8/2022), seperti dikutip dari Bisnis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ucapan itu merupakan kelanjutan atas cuitannya sebelumnya yang menyebutkan tentang kesetiaannya kepada Partai Republik. Cuitan tentang klub tempat Cristiano Ronaldo bermain itu mendadak ramai respons dari para warganet.

Baca Juga: Pemain MU Paling Banyak Dibully di Twitter, Siapa Saja?

Namun setelah membiarkannya selama kurang lebih 4,5 jam, Elon Musk akhirnya mengklarifikasi bahwa dia hanya bercanda terkait rencananya membeli saham MU tersebut.

“No, this is a long-running joke on Twitter. I’m not buying any sports teams,” ujarnya.

Adapun, cuitan Musk tersebut sempat membuat harga saham Manchester United naik 4,9 persen menjadi US$13,40 pada Rabu (17/8) pukul 5.30 pagi waktu setempat.

Baca Juga: Manchester United Tak Inginkan Ronaldo Lagi

Di sisi lain, cuitan Elon Musk itu seolah mengingatkan kembali tahun lalu saat fans Setan Merah memohon kepada bos Tesla itu untuk membeli Manchester United dari keluarga Malcom Glazers, konglomerat asal Amerika Serikat.

Saat itu, harga saham MU diperkirakan sekitar Rp71 triliun. Musk semestinya memiliki dana yang cukup karena baru saja menjual sebagian sahamnya di Tesla sekitar Rp102,6 triliun.

Pada Mei 2005, Malcolm Glazer membeli 28,7 persen saham yang dipegang oleh McManus dan Magnier, sehingga memperoleh saham pengendali. Setelah pembelian itu, klub ditarik dari bursa saham.

Baca Juga: Klub Raksasa Liga Inggris Kompak Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan RI

Sebagian besar uang pengambilalihan yang dipakai Glazers adalah hasil meminjam, yang kemudian ditransfer ke klub. Akibatnya, klub berubah dari bebas utang menjadi dibebani dengan utang sebesar 540 juta pound (Rp10,8 triliun).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya