SOLOPOS.COM - Striker Manchester City, Carlos Tevez (kedua dari kanan), melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Chelsea pada lanjutan Liga Premier Inggris di Etihad Stadium, Minggu (24/2/2013) malam WIB. City akhirnya menang atas Chelsea dengan skor 2-0. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Striker Manchester City, Carlos Tevez (kedua dari kanan), melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Chelsea pada lanjutan Liga Premier Inggris di Etihad Stadium, Minggu (24/2/2013) malam WIB. City akhirnya menang atas Chelsea dengan skor 2-0. JIBI/SOLOPOS/Reuters

MANCHESTER – Manchester City meraih poin penuh dalam laga kandangnya di Stadion Etihad, Minggu (24/2/2013) malam. The Eastland, julukan City, sukses membungkam salah satu seteru beratnya, Chelsea, dengan skor 2-0.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemenangan City diciptakan di babak kedua. Dua gol juara Liga Premier musim lalu itu diciptakan oleh Yaya Toure dan pemain pengganti, Carlos Tevez.

Hasil ini membuat City kembali memangkas jaraknya dengan pemuncak klasemen sementara, Manchester United menjadi 12 poin. City menempati urutan kedua dengan torehan 56 poin, di bawah United yang nyaman di puncak dengan 68 poin.

Sementara bagi Chelsea, kekalahan ini membuat posisinya di urutan ketiga rentan digeser Tottenham Hotspur yang membayangi di urutan keempat. Chelsea kini mengantongi 49 poin atau unggul satu angka dari Tottenham yang baru menjalani laga melawan West Ham United, Selasa (26/2/2013) dini hari WIB.

Dalam laga yang disiarkan secara langsung stasiun televisi MNCTV itu, babak pertama berjalan alot. Kedua tim bermain sama-sama kuat dengan menerapkan formasi yang hampir mirip.

City tampil dengan menurunkan formasi 4-3-3-1 dan hanya memasang satu striker di depan, yakni Sergio Aguero. Sedang, Chelsea juga menerapkan formasi 4-5-1 dan menggantung Demba Ba di ujung tombak.

Baik City maupun Chelsea tampak berimbang sepanjang babak pertama. Terbukti dari data statistik yang dilansir dari Soccerway.com, baik City maupun Chelsea mengantongi penguasaan bola sebanyak 50 persen.

Kendati demikian, dari jumlah shot on goal City lebih unggul. City melepaskan tendangan ke gawang sebanyak delapan kali, sedang The Blues tidak sama sekali. Selain itu, City juga memiliki kesempatan melalui sepak pojok sebanyak lima kali, sedang Chelsea hanya dua.

Kendati demikian, City belum mampu mencetak gol ke gawang Chelsea. Begitu juga sebaliknya. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama kedudukan 0-0 tak berubah.

Selepas babak kedua, City mengambil inisiatif serangan. Alhasil, Gol yang The Eastlands pun akhirnya tiba.

Di pertengahan babak kedua, tepatnya menit ke-63, Yaya Toure memecah kebuntuan The Citizens, julukan lain City,  dengan tendangan melengkungnya.

Gol tersebut bermula dari serangan yang dibagun Sergio Aguero dan David Silva dari sisi kiri pertahanan Chelsea. Di dalam kotak penalti Silva kemudian melepaskan umpan pada Toure yang di tengah kawalan beberapa pemain bertahan The Blues mampu melepaskan tendangan dengan dingin.

Tertinggal Chelsea mulai berani keluar. Manajer Chelsea, Rafa Benitez akhirnya pun melakokan rotasi untuk lebih memaksimalkan daya gempur timnya dengan memasukkan Victor Moses dan Oscar menggantikan Frank Lampard dan Eden Hazard. Hal ini membuat Hazard terlihat keluar dari lapangan dengan kecewa.

Namun, kendati menambah daya gedornya, Chelsea tak kunjung memecah kebuntuan. Meski pun beberapa peluang mampu diciptakan.

Kendati demikian, tuan rumah justru mampu menggandakan keunggulan. Di menit ke-84 diawali serangan cepat Carlos Tevez mencetak gol kedua City melalui tendangan kerasnya setelah menerima umpan pendek David Silva. Keunggulan 2-0 City ini tak mampu dikejar Chelsea. The Blues pun harus menerima kenyataan pulang dengan tangan hampa dari lawatannya di Etihad Stadium.

Susunan Pemain

MANCHESTER CITY (4-3-2-1)

Hart (Gk); Touré, Clichy, Zabaleta, Nastasi?; Rodwell (Tevez 54’), Javi García, Y Toure; David Silva (Lescott 90+2’), Milner; Agüero (Nasri 90+1’)

CHELSEA (4-5-1)

?ech (Gk); Cole, Cahill, Ivanovi?, David Luiz; Lampard (Moses 68’), Obi Mikel (Torres 81’), Ramires, Hazard (Oscar 69’), Mata;  Ba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya