SOLOPOS.COM - Lokasi Maluku Tenggara Barat (indonesiamengajar.org)

Lokasi Maluku Tenggara Barat (indonesiamengajar.org)

Lokasi Maluku Tenggara Barat (indonesiamengajar.org)

Solopos.com, AMBON — Gempa tektonik berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Kamis (18/7/2013) pukul 04.46 WIT. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Kifly Wakanno mengungkapkan berdasarkan koordinasi dengan BPBD MTB tidak ada kerusakan berarti akibat gempa tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ambon menyebutkan episentrum gempa berada pada 6’42” Lintang Selatan (LS) dan 130’17” Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 166 km di bawah permukaan laut. Lokasi gempa itu kira-kira berada pada posisi 186 km arah barat laut Maluku Tenggara Barat.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia. Lempeng Indo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya