SOLOPOS.COM - Keramaian di Malioboro Jogja pada Minggu (7/6/2020) sore. (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)

Solopos.com, JOGJA – Kawasan Malioboro Jogja mulai dipadati pengunjung, Minggu (7/6/2020). Sejumlah pedagang juga tampak mulai menggelar dagangan.

Sayangnya, banyak pengunjung yang mengabaikan protokol pencegahan Covid-19. Berdasarkan pantauan Harian Jogja pada Minggu sore, sejumlah lapak pedagang suvenir di Malioboro Jogja mulai buka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejumlah pengunjung memang terlihat memakai masker. Namun, mereka kurang menjaga jarak fisik. Bangku yang diberi tanda dengan tali agar tidak diduduki tetap dipakai. Jumlah wisatawan yang naik andong juga masih berdesakan dan mengabaikan jaga jarak.

Masih KLB, Nekat Gelar Hajatan di Sukoharjo Bakal Dibubarkan

Meski demikian, Ketua Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro (LPKKM), Rudi Harto, menegskan pedagang sudah menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan memanfaatkan tempat cuci tangan yang ada.

Tetapi masih banyak pengunjung yang mengabaikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Menanggapi hal tersebut, Satpol PP DIY berupaya terus melakukan pengawasan di sejumlah titik.

Tanggapan Sultan dan Satpol PP

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, mengatakan pada Sabtu (6/6/2020) malam dan Minggu (7/6/2020) terjadi keramaian yang didominasi pengguna sepeda di sekitar Malioboro dan Titik Nol Jogja.

"Cukup mengkhawatirkan karena tidak mengindahkan protokol kesehatan," ujarnya, Minggu (7/6/2020).

Mulai Hari Ini, Anak-Anak, Ibu Hamil, dan Manula Dilarang ke Tempat Umum di Solo

Titik keramaian muncul lantaran masyarakat mendengar berita kasus Covid-19 di Jogja mulai melandai. Padahal, sampai saat ini DIY sebenarnya masih menerapkan status masa tanggap darurat hingga Selasa (30/6/2020) mendatang.

Kawasan Malioboro Jogja yang mulai ramai agaknya membuat Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, meradang. Dia meminta masyarakat menaati peraturan ketimbang kawasan tersebut ditutup.

Pria Karangmalang Sragen Sempat Ceritakan Rencana Bunuh Diri ke Adik, Tapi Dikira Guyon

“Jangan sampai [Malioboro] saya close. Itu mau saya. Sehingga nanti terjadi Covid-19 kedua harus kita hindari. Jadi saya meminta kesadaran mereka yang ada di Malioboro,” terangnya seperti dilansir Detik.com, Senin (8/6/2020).

Sultan Hamengkubuwono X menegaskan aparat keamanan bakal membubarkan keramaian yang ada di Malioboro maupun Titik Nol Kilometer Jogja. Semua itu dilakukan guna mencegah risiko penyebaran virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya