SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Harianjogja.com, SLEMAN—Seorang maling spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ditangkap di area parkir basemen RSUP Dr Sardjito Jogja, Senin (30/6/2014) malam. Pelaku beraksi dengan membawa pelat nopol dobel agar bisa keluar dari penjagaan petugas parkir.

Tersangka yang ditangkap bernama Mulyadi, 48, warga Nglaran, RT4/RW11, Desa Sidoarum, Kecamatan Godean. Pelaku mencuri motor Yamaha Jupiter Z bernomor polisi G 6791 RA milik Nurul Abadi, 32, warga Pekalongan Barat, Pekalongan, Jawa Tengah, pada 26 Juni lalu. Pelaku masuk ke RSUP Dr Sardjito melalui pintu parkir resmi dengan membawa motor Yamaha buatan tahun 1970. Saat masuk, pelaku juga membawa nomor polisi palsu.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Sesampai di dalam area parkir, tersangka kemudian mengganti pelat nomor motor Yamaha Jupiter Z  yang diincar dengan pelat nomor AD 2485 JK . Tujuannya agar sesuai dengan nomor polisi yang tertera di karcis saat tersangka mendaftar masuk di pintu parkir resmi.

“Sehingga tersangka bisa keluar membawa motor korban dan motornya yang jelek ditinggal. Saat aksi pertama, dia sukses,” kata Kapolsek Mlati, Kompol Sarwendo, Selasa (1/7/2014).

Sarwendo menambahkan saat beraksi Senin (30/6/2014) malam, tersangka akan melakukan hal yang sama. Menggunakan Suzuki Shogun AB 3883 MZ pinjaman, tersangka masuk ke area parkir RSUP Dr Sardjito dengan kembali membawa pelat nopol ganda. Saat akan mengganti pelat itulah, tersangka yang telah diintai petugas langsung ditangkap dan dibawa ke Mapolsek Mlati.

Kapolsek menambahkan, tersangka kemudian dikeler untuk mencari barang bukti kejahatannya. Tetapi lantaran berusaha kabur, pelaku kemudian ditembak kakinya. Satu unit motor curian yang sudah dimodifikasi berhasil diamankan dari rumah tersangka.

“Motifnya karena terdesak ekonomi,” ujarnya menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya