SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pencurian (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATEN – Seorang pria terekam CCTV membobol kotak amal di Masjid Al Ikhlas Kecamatan Ceper, Klaten Jawa Tengah. Maling itu sempat mematikan lampu halaman masjid sebelum membobol kotak amal.

Aksi maling tersebut viral di media sosial yang salah satunya diunggah di akun Instagram @Kabar_Klaten. Video itu memperlihatkan seorang pria yang mengendarai sepeda motor tanpa pelat nomor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia tampak menuntun sepeda motor itu sambil celingukan di halaman masjid. Aksi maling kotak amal itu pun dibenarkan Zaenuri, salah satu pengurus Masjid Al Ikhlas di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper.

"Kejadiannya itu tadi sekitar jam 02.00 WIB. Lampu listrik dimatikan semua oleh pelaku dan warga curiga saat mau melaksanakan jamaah subuh 04.30 WIB," jelasnya seperti dilansir Detik.com, Sabtu (13/2/2021).

Baca juga: Ternyata! Pot Cabai yang Digondol Maling di Sukoharjo Milik Warung Langganan Jokowi

Setelah mengetahui lampu di kompleks masjid padam, warga pun langsung berdatangan ke lokasi. Mereka mengecek peralatan masjid serta kotak amal. Ternyata mereka mendapati gembok kotak amal itgu sudah lepas.

"Gembok kotak amal sudah lepas padahal menempel di tembok. Lalu saya cek ke CCTV ternyata benar (dibobol)," ungkap Zaenuri.

Dia mengaku tidak tahu persis berapa jumlah uang di dalam kotak amal yang digondol maling tersebut. "Sudah empat bulan tidak diambil. Biasanya isinya sekitar Rp 2 juta kalau sudah empat bulan," terang Zaenuri.

Baca juga: Selain Mbok Cimplek Jatipuro, Ini 4 Kuliner Ayam Panggang Paling Enak di Soloraya

Dia menjelaskan pelaku melakukan aksinya seorang diri dan tampak sudah profesional. "Memang kayaknya keahliannya pelaku pembobol kotak. Beraksinya jam 02.00 WIB saat orang sepi dan santai menuntun sepeda motornya masuk. adi pelat nomor sepeda motor dilepas. Mungkin agar tidak bisa dilacak sehingga ini orang sudah biasa kayaknya," sambung dia.

Aksi pencurian di masjid itu bukan kali pertama terjadi. Zaenuri mengatakan ampilifier serta mikrofon di masjid itu sudah sering digondol maling.

Kapolsek Ceper, AKP Sarwiyono, membenarkan aksi maling membobol kotak amal tersebut. Pihaknya telah mengecek lokasi dan sedang menyelidiki pelakunya.

"Iya. Ini kita sedang lidik pelakunya," ujar Sarwiyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya