SOLOPOS.COM - Tangkapan layar rekaman CCTV situasi Pasar Gading Solo saat terjadi pencurian pada Jumat (6/11/2020) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Maling beraksi di Pasar Gading, Solo, dan membawa kabur 70 potong celana kolor jenis olahraga futsal milik seorang pedagang pada Jumat (6/11/2020) pagi.

Aksi pencurian itu terekam kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV). Terduga pencuri yang menggondol setumpuk celana kolor saat pedagang tengah bongkar muat itu seorang lelaki berambut gondrong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pedagang korban pencurian itu, Arif Prasetyo, kepada Solopos.com melalui telepon mengatakan saat itu kios pakaian miliknya sedang bongkar muat untuk persiapan untuk membuka kios. Saat kejadian, pasar masih sepi dan minim pengunjung karena baru pukul 07.20 WIB.

Persiapan Gibran Jelang Debat Publik Pilkada Solo: Ditelepon Jokowi hingga Nyekar ke Makam Nenek

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya sudah menerima inbox dari teman-teman saya. Banyak yang memberi tahu posisi pelaku. Saat ini belum saya laporkan ke polisi,” papar warga Mojolaban, Sukoharjo, tentang aksi maling Pasar Gading, Solo, itu.

Dalam video itu, terlihat terduga pencuri berambut gondrong mondar-mandir saat pekerja mengemas pakaian. Pencuri yang datang dari arah tangga mencoba menarik setumpuk pakaian ke arah tangga.]

Sendirian

Dengan perlahan, ia mengelabui pekerja yang membereskan pakaian-pakaian itu. Arif mengatakan terduga pencuri itu sudah terlihat beberapa kali mondar-mandir dalam area itu.

Sehari Tambah 46 Warga Sragen Positif Covid-19, Klaster Keluarga Mendominasi

Menurutnya, maling itu bukan dari lingkungan Pasar Gading, Solo, tetapi ada warga pasar yang mengetahui ciri-ciri pelaku. “Kalau saya lihat sepertinya sendirian, tadi celana itu ia bawa berjalan kaki ke arah gang Bakso Remaja. Yang ia ambil celana futsal saja, ada 60-70 potong,” paparnya.

Akibat kejadian itu, Arif menderita kerugian sekitar Rp900.000. Ia memastikan hanya setumpuk celana futsal saja yang hilang. Ia menjelaskan kejadian semacam ini sudah beberapa kali terjadi. Karena itulah, pengelola pasar memasang kamera pengawas sekitar kios.

“Saya belum ada niat untuk melapor ke polisi. Misalnya tertangkap bisa selesai secara kekeluargaan ya tidak apa-apa,” paparnya.

Raih WTP 5 Kali Berturut-Turut, Pemkab Sukoharjo Dapat Penghargaan Dari Kemenkeu

Menurutnya, dalam rekaman kamera pengawas maling Pasar Gading Solo itu sempat mencoba memasukkan celana itu ke dalam plastik kresek. Namun, pelaku mengurungkan niat dan memilih membawa setumpuk pakaian yang kemudian ia jinjing.

Saat kabur, pelaku hanya berjalan kaki santai. Arif menyebut pedagang pasar lain tidak curiga dengan gerak-gerik pelaku. Hal itu karena aktivitas semacam itu memang tidak mencurigakan.

Jamin Pilkada Sehat, 20.439 Petugas KPPS Dan Keamanan TPS Sragen Jalani Rapid Test Deteksi Covid-19

Ia menjelaskan saat ini sudah ada tiga kamera pengawas. Ia berencana mengganti kamera pengawas yang lebih baik. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan petugas keamanan pasar untuk mewaspadai tindak pencurian. “Jam jam rawan justru pagi hari. Kalau dua tahun lalu justru pelakunya perempuan,” papae Arif.

Kapolsek Pasar Kliwon AKP Adis Dani Garta mengatakan saat ini Reskrim Polresta Solo tengah menindaklanjuti kejadian itu. “Reskrim sudah meluncur,” paparnya mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya