SOLOPOS.COM - Keramaian di area Solo Car Free Night. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan kembali menggelar car free night (CFN) atau malam bebas kendaraan bermotor di Jl. Slamet Riyadi hingga Jl. Jenderal Sudirman pada perayaan pergantian tahun, Selasa (31/12/2019) hingga dini hari Rabu (1/1/2020).

Seperti yang sudah-sudah, pesta kembang api dan petasan dilarang di kawasan ini. Sebagai gantinya, warga diajak memukul gong dan membunyikan mainan tradisional othok-othok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Solo, Hasta Gunawan, mengatakan Pemkot menyediakan 1.000 mainan othok-othok dan 19 gong yang akan dibunyikan bersamaan saat detik-detik pergantian tahun.

Mainan tradisional itu akan memeriahkan sirene tiga zaman yang dibunyikan pada momen yang sama. “Kami menyebar 19 gong di lima panggung sepanjang area CFN. Othok-othok akan dibagikan gratis kepada masyarakat yang hadir,” kata dia kepada wartawan, Kamis (26/12/2019).

Potret Toleransi di Taman Doa Ngrawoh Sragen Bikin Pengamat Musik Ternama Ini Kagum

Lima panggung hiburan yang dimeriahkan berbagai pertunjukan seni bakal mengawal momentum tersebut. Ruas jalan sepanjang 4,2 kilometer itu mulai steril dari kendaraan bermotor mulai Selasa (31/12/2019) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan penutupan dimulai dari simpang empat Purwosari hingga depan Balai Kota Solo.

“Tidak seperti car free day yang ada bukaan di simpang empat Gendengan dan Pasar Pon, di CFN tidak ada bukaan sama sekali sehingga masyarakat tidak bisa parkir kendaraan di Jl. Slamet Riyadi. Sterilisasi dimulai pukul 19.00 WIB dan benar-benar bersih pukul 21.00 WIB,” kata dia dalam jumpa pers di Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Solo, Kamis (26/12/2019).

Uji Coba KA Bandara Solo, Stasiun Kadipiro-Adi Soemarmo 12 Menit

Ari menyebut sejumlah kantong parkir telah disediakan di setiap gang di sepanjang jalur CFN. Selain itu, masyarakat bisa parkir di Benteng Vastenburg, Stasiun Purwosari, Lapangan Kotabarat, dan sebagainya.

Kendaraan-kendaraan organisasi perangkat daerah (OPD) berukuran besar akan menutup 13 persimpangan sepanjang jalur CFN.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan hotel maupun tempat hiburan di Jl. Slamet Riyadi. Kendaraan tamu mereka tidak diperkenankan keluar masuk saat CFN,” ucap Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya