SOLOPOS.COM - Pembukaan DMZ 3D Museum di Kota Lama Semarang. (Twitter.com-@PemkotSemarang)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan memberlakukan larangan bagi kendaraan bermotor melintas di kawasan Kota Lama Semarang saat malam pergantian tahun atau Tahun Baru 2020,

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan kebijakan itu diterapkan guna mengantisipasi lonjakan pengunjung di Kota Lama saat malam pergantian tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu, kebijakan car free night itu diyakini mampu menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun di Kota Lama Semarang.

“Sehingga diupayakan agar yang Kota Semarang tawarkan di tahun ini lebih menarik dari yang lain. Salah satunya di luar jadwal car free night yang ada biasanya, pada malam Tahun Baru kita juga berlakukan car free night di Kota Lama,” terang wali kota yang akrab disapa Hendi itu dalam keterangan resmi.

Hendi menambahkan saat ini Pemkot Semarang telah menyiapkan rencana pemberlakuan car free night pada malam pergantian itu. Salah satunya dengan menyediakan 5 mobil listrik untuk mengantar pengunjung dari kantong parkir menuju kawasan Kota Lama.

Ada enam kantong parkir yang disiapkan di sekitar Kota Lama yakni di eks pool Damri, kantor PTPN atau samping Cafe Sepur, Dream Museum Zone (DMZ), depan kantor Satlantas Polrestabes Semarang, Jalan Sendowo atau tempat parkir umum Kota Lama, dan Jalan Cendrawasih.

Kabid Pengendalian Ketertiban (Daltib) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Danang Kurniawan, mengatakan jika pemberlakuan car free night itu diyakini mampu mengatasi kesemrawutan lalu lintas. Sehingga, pengunjung dapat lebih nyaman menikmati suasana Kota Lama.

“Pemberlakuan car free night pada malam pergantian tahun ini dalam rangka menciptakan kenyamanan pengunjung yang akan menghabiskan waktunya di Kota Lam. Jadi walau jatuhnya hari Selasa, kita akan berlakukan car free night,” ujarnya.

Selama ini di kawasan Kota Lama sudah diterapkan car free night dua kali dalam sepekan, yakni pada Jumat malam dan Sabtu malam.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya