SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JOGJA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jogja memprediksi perayaan malam tahun baru di wilayah DIY bakal diwarnai dengan hujan. Hujan akan mengguyur dari sore hingga malam hari, pada Senin (31/12/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Intensitas hujan berbeda di masing-masing wilayah. Untuk Kota Jogja, Sleman dan Wates (Kulonprogo) hujan diperkirakan turun dengan intensitas sedang. Adapun di Bantul dan Gunungkidul, intensitas hujan yang turun diperkirakan ringan. “Itu prediksi yang terpantau, karena turunnya hujan tergantung dari suhu udara dan konsentrasi terkumpulnya awan,” jelas Staf Data BMKG, Wawan Joko Suwondo.

Menurutnya, mulai Desember untuk wilayah DIY memang masuk musim penghujan. Bila Desember intensitas hujan masih belum setiap hari turun, pada Januari setiap hari diperkirakan akan hujan. Saat ini, sambungnya, rata-rata suhu udara mencapai antara 23 hingga 32 derajat celcius.

“Awal Desember hujan memang sekali-kali, memasuki Januari intensitas hujan akan semakin tinggi sehingga setiap hari akan turun hujan,” tuturnya.

Adapun gelombang laut di pesisir Selatan, jelas Wawan, juga mengalami kenaikan. Menurutnya, sepanjang pantai Selatan, gelombang air naik paling rendah setinggi 1,5 meter. Bila cuaca buruk, ketinggian gelombang paling rendah bisa mencapai 2,5 meter sehingga nelayan diminta untuk berhati-hati.

“Ketinggian gelombang air laut bisa lebih tiga meter. Untuk kekuatan angin di DIY, paling rendah sembilan sampai 20 kilometer perjam. Kekuatan angin bisa mencapai 30 kilometer perjam,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya