SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerapan ganjil genap nomor kendaraan. (Dok/JIBI)

Solopos.com, WATES — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kulonprogo urung menerapkan kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan utama maupun destinasi wisata, menjelang pergantian tahun atau malam tahun baru, Jumat (31/12/2021).

Belum diterapkannya kebijakan ganjil genap terhadap kendaraan yang melintas itu dikarenakan peningkatan lalu lintas menjelang pergantian tahun mencapai 10-15%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Antonius Purwanta, mengatakan belum diterapkannya ganjil genap di sejumlah ruas jalan utama maupun destinasi wisata bukan berarti personel Polri tidak disiagakan. Sejumlah personel Polri tetap berjaga di sejumlah titik yang dinilai menjadi pusat keramaian.

Baca juga: Malam Tahun Baru, 100 Petugas Kebersihan Dikerahkan Keliling Kota Solo

“Kami tetap menyiagakan personel Polri di sejumlah titik untuk berjaga. Adapun, titik yang menjadi perhatian kepolisian di Kulonprogo di antaranya obyek wisata Waduk Sermo, Pantai Glagah, Kalibiru serta kawasan wisata kuliner Nanggulan,” kata Purwanta, Jumat (31/12/2021).

Dikatakan Purwanta, berdasarkan pantauan di lapangan kebijakan untuk menerapkan ganjil genap di sejumlah ruas jalan utama maupun destinasi wisata belum menjadi hal yang urgent. Dikarenakan, belum ada peningkatan pemudik yang kembali ke wilayah Kulonprogo.

“Ditambah, tidak kami temukan juga antrean kendaraan yang harus ditangani dengan pengaturan skema lalu lintas tertentu. Meski demikian, kami tetap menyiagakan personel untuk menjaga sejumlah titik yang dinilai rawan terjadinya kerumunan,” sambung Purwanta.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, mengatakan sejumlah titik di wilayah objek wisata Pantai Glagah menjadi perhatian. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

Baca juga: Kasus Stunting di Kulonprogo Alami Penurunan, Mantap!

Satlinmas Kulonprogo, kata Aris, juga telah memasang sejumlah tanda peringatan maupun police line di sejumlah titik yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan diharapkan tidak melanggar aturan yang berlaku saat berada di objek wisata Pantai Glagah.

“Antisipasi kami lakukan di sejumlah titik seperti di Muara Pantai Serang serta beberapa kawasan pinggir pantai yang terdapat palung laut. Kemudian, di kawasan pemecah ombak serta TPI Pantai Trisik,” sambung Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya