SOLOPOS.COM - Pesta kembang api menjadi puncak perayaan malam pergantian tahun yang dipusatkan di Alun-Alun Klaten, Sabtu-Minggu (31/12/2016-1/1/2017). (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Malam pergantian tahun di Klaten diwarnai dengan beragam kegiatan.

Solopos.com, KLATEN – Jl. Pemuda serta Alun-Alun Klaten menjadi pusat perayaan malam pergantian tahun, Sabtu-Minggu (31/12/2016-1/1).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Suasana Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo saat digelar perayaan malam pergantian tahun, Sabtu-Minggu (31/12/2016-1/1/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Suasana Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo saat digelar perayaan malam pergantian tahun, Sabtu-Minggu (31/12/2016-1/1/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Alun-alun hingga Jl. Pemuda dipenuhi warga yang menantikan pesta kembang api pada perayaan tersebut. Mereka dihibur sejumlah band yakni Djat Plus, Ter Benad, Rush Band, dan Wins Step yang tampil pada panggung utama.

Ekspedisi Mudik 2024

Sekitar pukul 23.40 WIB, kawasan tersebut sudah dimeriahkan dengan letusan kembang api yang dinyalakan warga. Mendengar letusan itu, para pejabat lantas menuju panggung utama memulai puncak perayaan dengan pesta kembang api.

Pejabat yang terlihat dalam perayaan tersebut seperti Komandan Kodim 0723/Klaten, Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, Asisten Pemerintahan Setda Klaten, Edy Hartanta, Kepala Disbudparpora Klaten, Joko Wiyono, serta Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Pantoro.

Warga menunggu proses foto SIM lewat layanan SIM keliling saat perayaan malam pergantian tahun di simpang lima Plasa Klaten, Sabtu (31/12/2016) malam. (Taufiq Sidik/JIBi/Solopos)

Warga menunggu proses foto SIM lewat layanan SIM keliling saat perayaan malam pergantian tahun di simpang lima Plasa Klaten, Sabtu (31/12/2016) malam. (Taufiq Sidik/JIBi/Solopos)

Di antara rombongan pejabat, tak terlihat Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Sri Mulyani. “Dengan perayaan ini persatuan dan kesatuan Klaten tetap dijaga bersama-sama membangun Klaten yang maju, mandiri, dan berdaya saing,” kata Sekda saat menyampaikan sambutan sebelum puncak perayaan malam pergantian tahun.

Puncak perayaan malam pergantian tahun digelar pesta kembang api yang berlangsung dengan durasi sekitar 10 menit. “Untuk kembang api sendiri anggaran yang digelontorkan sekitar Rp30 juta,” kata Kepala Disbudparpora Klaten, Joko Wiyono.

Sementara itu, pada perayaan malam pergantian tahun dimanfaatkan Satlantas Polres Klaten membuka latihan ujian teori dan praktik SIM C di Jl. Pemuda tepatnya simpang lima Plasa Klaten, Sabtu malam.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Klaten, Ipda Nahrowi, mengatakan latihan ujian teori dan praktik SIM C digelar di lokasi yang sama setiap hari Minggu saat digelar car free day (CFD).

Selain latihan, satlantas membuka layanan perpanjangan SIM di tempat yang sama. “Ini sekaligus kami memperkenalkan mobil pelayanan keliling untuk perpanjangan SIM A dan C. Jadi, nanti mobil akan mengunjungi kecamatan-kecamatan untuk membuka layanan perpanjangan SIM. Ada puluhan warga yang sudah memanfaatkan layanan itu saat malam pergantian tahun,” ungkapnya.

Perayaan malam pergantian tahun juga digelar di Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Direktur BUM Desa Tirta Mandiri yang mengelola Umbul Ponggok, Joko Winarno, mengatakan sejumlah band dan disk jockey (DJ)memeriahkan malam pergantian tahun di umbul tersebut.

Ia mengatakan misi utama pada perayaan itu yakni menyosialisasikan wahana malam di umbul setempat. Wahana malam itu meliputi snorkeling dan diving malam serta fasilitas kafe.

“Ada 16 titik di umbul yang dipasangi lampu underwater sehingga para pengunjung bisa menikmati snorkeling dan diving saat malam serta foto di dalam air,” kata Joko saat ditemui di Umbul Ponggok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya