SOLOPOS.COM - Sumber: bisnis.com

Solopos.com, SOLO — Apa saja amalan yang dilakukan pada malam Nuzulul Quran yang jatuh pada hari ini, Senin, 18 April 2022?

Nuzulul Quran merupakan waktu di mana Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Allah SWT menurunkan Al-Quran di Madinah dan Makkah,  sehingga surat-surat dalam Al-Quran terbagi dua golongan, yaitu golongan surat Makkiyah dan golongan surat Madaniyah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Indonesia sendiri banyak yang memperingati Nuzulul Quran pada tanggal 17 Ramadan. Merujuk pada situs Al-habib.info, dalam kalender Masehi, tanggal 17 Ramadan jatuh pada 19 April 2022.

Baca Juga:  Hukum Mencium Istri Ketika Puasa, Apakah Bikin Batal?

Sementara malam Nuzulul Quran akan diperingati pada hari ini seusai berbuka puasa. Untuk memeriahkan malam Nuzulul Quran, apa saja amalan yang harus dilakukan umat muslim?

Mengutip Kementerian Agama Kanwil Maluku Utara, sebagian ulama mengatakan amalan dilakukan saat malam penuh berkah ini adalah membaca Al-Qur’an. Selain itu, umat muslim juga disarankan untuk melakukan itikaf, yakni berdiam diri di masjid dengan membaca Al-Qur’an. Kemudian, juga diminta untuk berzikir dan salat malam, seperti salat tahajud atau pun salat hajat.

Baca Juga: Lokasi dan Jadwal Penukaran Uang Baru di Solo, Gratis Lur!

Hal ini juga dibenarkan oleh Ketua PCNU Sumedang, H Sa’dullah dalam artikel yang tayang di situs resmi Nahdlatul Ulama atau NU online. Dia menjelaskan cara-cara yang baik mengisi malam Nuzulul Quran.

“Cara-cara yang baik untuk mengisi malam Nuzulul Quran yaitu, pertama istikamah membaca Al-Quran. Minimal harus khatam satu kali selama bulan Ramadan. Kedua, harus memperbanyak itikaf, selama itikaf bacalah Al-Quran atau zikir lainnya. Dan yang ketiga, perbanyaklah salat malam dan doa,” jelasnya.

Baca Juga: Jarang Tersorot Kamera, Siapa Suami Dirut Pertamina Nicke Widyawati?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya