SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Film animasi pendek Malam Jumawut 2 produksi Manimonki Studio dari Solo menjuarai SEA Kre8tif Animation Award 2022 di Malaysia.

Film dengan durasi 7.04 menit ini mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Animation Shorts Professional pada Rabu (9/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Film bergenre horor ini merupakan film kedua yang berhasil mendapatkan penghargaan di ajang yang sama. Sebelumnya, pada 2020 film animasi pendek yang berjudul Sepi mendapatkan Golden Winner.

“Agak terkejut juga filmnya bisa menang, karena nominasinya bagus-bagus. Ada BoBoboy juga yang merupakan IP kuat banget di Malaysia,” ungkap sutradara film Malam Jumawut 2, Yudhatama, melalui wawancara jarak jauh.

Baca Juga: Keren, Animasi Solo Juarai Kompetisi Asia Belajar Empati lewat “Sepi”

Film animasi yang diproduksi pada 2021 dan telah ditayangkan di festival-festival beberapa negara tersebut menceritakan pertemuan seorang sopir bajaj dengan perempuan misterius yang mengaku berprofesi sebagai perawat.

Wanita tersebut muncul secara tiba-tiba dan minta diantar pulang. Di tengah perjalanan terjadi dialog antara sopir bajaj dengan wanita misterius tersebut. Sopir bajaj menceritakan bahwa akhir-akhir ini ada kabar sering terjadi pembunuhan dengan kondisi korban hilang matanya.

Sutradara sekaligus founder Manimonki Studio, Yudhatama, menyajikan film animasi pendek Malam Jumawut 2 dengan plot twist yang sangat epik di akhir cerita.

“Latar belakang [pembuatan film ini] ya kita mencoba bikin animasi yang enggak biasa saja. Bukan buat anak-anak. Dan dasar idenya ketika [saya] dulu sempat awal-awal kerja di Jakarta kalau pulang lembur naik bajaj,” tambahnya.

Di sela-sela kesibukan mengelola studionya,Yudhatama menyempatkan diri ke Malaysia untuk hadir pada malam puncak penghargaan tersebut.

Penyerahan penghargaan Best Animation Short Professional oleh CEO MDEC kepada Yudhatama (kanan) di acara puncak SEA Kre8tif! Award 2022 di Malaysia, Rabu (9/11/2022). (Istimewa/Manimonki Animation Studios)

“Film kami mendapat hadiah utama dan paling bergengsi, ini diberikan langsung oleh CEO MDEC. Ini menandakan bahwa Solo dan sekitarnya ada potensi tinggi untuk menggarap produk-produk animasi yang diakui internasional, tinggal mengemas SDM-nya, mengemas bisnis dan marketingnya saja,” terangnya.

Lebih lanjut Yudha mengatakan MDEC merupakan lembaga yang memiliki tugas mengembangkan industri konten kreatif digital di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Multimedia Malaysia.

Sementara itu South East Asia Kre8tif! merupakan ajang jejaring bisnis dan kompetisi untuk para pelaku industri konten digital Malaysia dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. Kompetisi tersebut ada sejak 2009.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya