SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL – Warga Desa Srigading Kecamatan Sanden Bantul tengah menyiapkan upacara tradisi malam muharam atau 1 suro Jumuduling Mahesa Suro yang akan dilaksanakan Jumat (24/10/2014).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bantul Bambang Legowo mengatakan prosesi Jumuduling Mahesa Suro akan diawali dari rumah sesepuh masyarakat di Dusun Tegalrejo, Desa Srigading, Sanden pada malam 1 Suro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mulainya sekitar pukul 20.00 WIB dan diawali dzikir bersama sebelum mengarah berbagai uba rampe ke Pantai Samas,” kata Bambang, Rabu (22/10/2014).

Bambang menjelaskan semua kelengkapan berisikan uba rampe nantinya akan diperebutkan masyarakat yang hadir menyaksikan kegiatan. Ia menjelaskan upacara Jumuduling Mahesa Sura dari jejak sejarah budaya di Bantul merupakan budaya tradisi leluhur nenek moyang.

Tradisi budaya menjadi media warga masyarakat untuk mengungkapkan syukur atas segala rejeki dan keselamatan yang diberikan Tuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya