Malam Ini, Patroli Besar-Besaran Digelar di Klaten

Aparat keamanan gabungan bakal menggelar patroli besar-besaran untuk menghalau kerumunan di Klaten pada malam Tahun Baru 2021.
Malam Ini, Patroli Besar-Besaran Digelar di Klaten
SOLOPOS.COM - Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu (Solopos.com-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Patroli berskala besar di Klaten bakal digelar sepanjang malam pergantian tahun, Kamis (31/12/2020) malam. Patroli digelar untuk mencegah terjadinya kerumunan serta meminimalisasi potensi persebaran Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Klaten, Rabiman, menjelaskan patroli berskala besar dilakukan oleh tim gabungan dari Polres Klaten, Kodim Klaten, Satpol PP, Dishub, hingga ormas. Satpol PP bakal menerjunkan seluruh personel terdiri dari 86 orang termasuk para petugas Linmas inti sebanyak 30 orang.

“Patroli berskala digelar pada Kamis malam dan dilakukan di seluruh wilayah Klaten,” kata Rabiman saat dihubungi Solopos.com, Rabu (30/12/2020).

Roy Suryo Yakin Durasi Video Hot Gisel Lebih dari 19 Detik

Patroli dimaksudkan untuk menghalau kerumunan saat perayaan malam pergantian tahun. Setidaknya ada lima lokasi yang berpotensi menjadi pusat kerumunan seperti Alun-alun Klaten, Rawa Jombor, Lapangan Gelora Pemuda Pedan, Lapangan Barepan Cawas, serta kawasan Candi Kembar Prambanan.

Patroli berskala besar itu juga ditujukan untuk menindaklanjuti surat edaran pemkab ihwal pembatasan jam operasional PKL, kafe, restoran, rumah makan, hingga pelarangan pendirian panggung hiburan pada perayaan malam pergantian tahun.

Rabiman menegaskan petugas TNI/Polri dan Satpol PP Klaten bakal bertindak tegas kalau sampai ditemukan pelanggaran protokol kesehatan. Petugas diberi kewenangan untuk membubarkan aktivitas warga yang tidak patuh.

Waspada Ledakan Kasus, Satgas Covid-19 Sukoharjo Siapkan 100 Bed Di MERC RS UNS

Disinggung penyekatan arus lalu lintas, Rabiman membenarkan dari hasil rapat koordinasi bersama polres, ada rencana penyekatan pada jalan protokol di simpang empat Masjid Agung Al Aqsha Klaten serta simpang lima Plasa Klaten pada Kamis malam.

“Penyekatan ini dilakukan agar jangan sampai di Alun-alun Klaten terjadi kerumunan,” jelas dia.

Rabiman berharap warga bisa menaati imbauan untuk tidak merayakan malam pergantian Tahun Baru 2021. Dia berharap warga bisa melewati malam pergantian tahun di rumah masing-masing.

Kapolres Klaten Pimpin Langsung Patroli Besar-Besaran di Malam Tahun Baru 2021

Wakapolsek Prambanan, Iptu Panut Haryono, mengatakan sudah ada pemetaan tempat-tempat yang selama ini menjadi lokasi perayaan malam pergantian tahun di Prambanan.

“Ada dua titik yang biasanya untuk perayaan pesta kembang api di Hotel Galuh dan perbatasan dengan DIY. Kami sudah melakukan langkah dengan menyampaikan imbauan dan edaran ke masyarakat agar mematuhi surat edaran dari pemkab. Kami siagakan anggota untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan. Kami juga gelar patroli ke tempat-tempat yang berpotensi untuk perayaan,” kata dia.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago