Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Mal dan IKEA Buka Saat Penutupan Masjid, DPR Protes

Penutupan masjid atau tempat ibadah disorot lantaran pada saat yang sama mal-mal dan gerai IKEA buka.
SHARE
Mal dan IKEA Buka Saat Penutupan Masjid, DPR Protes
SOLOPOS.COM - Ilustrasi masjid. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA -- Penutupan masjid atau tempat ibadah kini disorot lantaran pada saat yang sama mal-mal dan gerai IKEA masih buka dan dikunjungi banyak orang. Padahal semestinya, seluruh tempat publik semestinya ditutup demi memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Golkar John Kenedy Azis menilai penutupan masjid menjadi percuma kalau tempat lain tetap buka. Azis membandingkan sejumlah pusat perbelanjaan yang ia sebut masih buka pada masa pandemi Covid-19.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Rencana Pelonggaran PSBB 1 Juni Dikritik, Doni Monardo Ajukan 4 Syarat

Belakangan, kata dia, beredar video viral yang membuktikan hal tersebut terjadi di salah satu pusat ritel mebel dan rumah tangga. Pada saat mal dan IKEA masih buka, banyak rumah ibadah ditutup termasuk masjid.

Persoalan tersebut disampaikan Azis kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat rapat kerja secara virtual dengan Komisi VIII.

Usia 45 Tahun ke Bawah Boleh Bekerja Saat Pandemi, Pemerintah Maunya Apa?

"Beberapa hari ini viral Pak, video di IKEA, parkir saja susah Pak, parkir susah di IKEA itu saking banyaknya orang. Di mal-mal penuh, sementara di masjid tetap dikunci. Ada apa di sini? Bapak sebagai Kepala Gugus Tugas ada apa di sini?" tanya John, Selasa (12/5/2020).

John merasa tidak adil apabila penutupan masjid untuk mencegah penyebaran Covid-19 sedangkan mal dan IKEA tetap buka. Masih ada tempat keramaian yang berpotensi menularkan virus corona justri dibiarkan tetap beroperasi. Ia sendiri mengaku telah menyampaikan keresahannya tersebut kepada Kementerian Agama dalam rapat Senin (11/5/2020).

12 Penumpang di Stasiun Tawang Semarang Ditolak Masuk KA

"Di mal Bapak biarkan, di tempat-tempat keramaian yang lain dibiarkan. Nah kami di Masjid ditutup. Kemarin kami rapat dengan kementerian agama, kami sampaikan supaya melakukan koordinasi dengan BNPB terhadap konteks yang seperti ini," ujarnya.

IKEA Ditutup

Menteri Agama RI Fachrul Razi berencana membuka kembali rumah ibadah seperti masjid di tengah wabah virus corona. Masjid akan dibolehkan kembali dipakai untuk salat berjamaah meskipun baru wacana. Tak jelas apakah wacana itu terkait kritik atas aktivitas mal dan IKEA yang buka di tengah penutupan masjid.

1.007 Pasien Positif Covid-19 Meninggal, Rasio Kematian di Jakarta 37%!

Sementara itu, PT Hero Supermarket Tbk. mengumumkan gerai IKEA Alam Sutera secara sukarela menutup toko untuk sementara Senin (11/5/2020).

“Kami ingin menekankan bahwa tidak ada pelanggaran terhadap ketentuan PSBB yang dilakukan oleh IKEA. Dan kami telah mengikuti seluruh kriteria protokol yang diatur dalam ketentuan PSBB. Sebagaimana dikonfirmasi oleh Pemerintah Daerah Kota Tangerang melalui Kepala Satpol PP,” kata Public Relations IKEA Indonesia Ririn Basuki dalam siaran pers, Selasa (12/5/2020).

Perbudakan ABK Indonesia di Kapal China, Polri Punya Calon Tersangka

Sebelumnya, warganet mempersoalkan beroperasinya toko ritel furnitur dan alat rumah tangga tersebut di tengah penerapan PSBB di Tangerang. Sejumlah pihak pun membandingkan mal dan IKEA yang buka saat penutupan banyak masjid.

Pemerintah Kota melalui Satpol PP dan Dinas Perdagangan Kota Tangerang akhirnya melakukan inspeksi mendadak di IKEA Alam Sutera pekan lalu. Sidak dilakukan setelah viralnya video yang memperlihatkan gerai IKEA Alam Sutera penuh dengan pengunjung meski dalam masa PSBB Covid-19.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode