SOLOPOS.COM - Mal sepi pengunjung saat PPKM (ilustrasi/Farida Trisnanintyas/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah akhirnya membuka operasional mal di masa PPKM Level 4. Pemerintah akan menjajal pembukaan mal secara gradual namun dengan beberapa persyaratan seperti pengunjung wajib sudah ikut vaksinasi Covid-19.

“Dengan memperhatikaan protokol kesehatan yang ketat, hanya mereka yang sudah divaksinasi dapat masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi Pedulilindugi,” kata Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (9/8/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, syarat masuk ke mal juga diperketat. Salah satunya adalah dengan membatasi usia pengunjung. “Anak di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun dilarang masuk mal dan pusat belanja sekarang ini,” tutur dia.

Baca Juga: Terdakwa Kasus Korupsi Bansos Juliari Minta Maaf kepada Jokowi dan Megawati

Nantinya, sejumlah daerah PPKM Level 4 akan bisa membuka mal. Antara lain di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. “Dengan kapasitas 25% selama seminggu ke depan,” jelas dia.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 kembali diperpanjang.  Pemerintah memperpanjang PPKM Level 4 di Jawa-Bali hingga 16 Agustus 2021.

“Atas arahan Presiden, PPKM 4, 3, 2, akan diperpanjang hingga 16 Agustus,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

Baca Juga: Ucapkan Selamat Tahun Baru 1443 Hijriah, Menag: Mari Perkuat Spirit Hijrah

 

Ganti Istilah

Sebelumnya, pemerintah pusat memutuskan PPKM Level 4 diperpanjang 3-9 Agustus. Pada periode ini, 141 kabupaten/kota di Indonesia yang menerapkan PPKM Level 4, termasuk DKI Jakarta.

Diketahui, sebelumnya PPKM Level 4 sudah diterapkan pada 21 Juli-2 Agustus.

Sebelum menggunakan istilah PPKM per level, kebijakan pembatasan kegiatan menggunakan istilah PPKM Darurat yang diterapkan pada periode 3-20 Juli

Baca Juga: Hari Ini Kasus Covid-19 di Indonesia Tambah 20.709 Orang, Jateng Terbanyak

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya