[ X ] CLOSE

Maksimalkan Fitur-Fitur Pemasaran, Tingkatkan Penjualan di Tokopedia

-Untuk meningkatkan performa toko online yang berdampak pada peningkatan penjualan, seller harus memahami fitur-fitur pemasaran di e-commerce tersebut.
Maksimalkan Fitur-Fitur Pemasaran, Tingkatkan Penjualan di Tokopedia
SOLOPOS.COM - UMKM Virtual Expo sesi ke-10, Selasa (15/6/2021).

Solopos.com, SOLO--Untuk meningkatkan performa toko online yang berdampak pada peningkatan penjualan, seller harus memahami fitur-fitur pemasaran di e-commerce tersebut.

Senior Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Nursida Yaru mengatakan kunci penting agar toko online sukses adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

"Komponen awal untuk memulai toko online sudah dibahas pada materi sebelumya seperti memasang visual yang bagus dan deskripsi yang jelas. Langkah selanjutnya bagaimana memaksimalkan layanan kepada pembeli dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Tokopedia," ujar Nursida saat mengisi materi UMKM Virtual Expo sesi ke-10, Selasa (15/6/2021) dengan tema Maksimalkan Fitur-Fitur Pemasaran yang Tersedia di Tokopedia untuk Meningkatkan Performa Tokomu.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Talkshow Bisnis Meriahkan Road to SBBI 2021

Dalam kegiatan yang diprakarsai Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Solo itu, Nursida menjelaskan, beberapa tips bisa dilakukan seller untuk memaksimalkan layanan toko online di Tokopedia. Tips-tips itu antara lain membalas chat pembeli dengan cepat, mengirimkan barang sesuai pesanan, menjaga kualitas barang, teliti dalam mengecek pesanan, mengemas pesanan dengan baik, hingga memberikan promo.

Pada kesempatan itu Nursida menjelaskan tiga fitur di Tokopedia yang bisa dipakai seller untuk meningkatkan performa toko online. Fitur pertama adalah fitur bebas ongkir sepuasnya. Fitur ini menyediakan bebas ongkir hingga Rp20.000 untuk pembeli dalam pulau yang sama dan bebas ongkir hingga Rp40.000 untuk pembeli antarpulau.

Fitur kedua adalah Fitur Dekorasi Toko, yang memfasilitasi seller untuk menampilkan promo dan produk andalan agar mudah dipilih. Selanjutnya ada fitur voucher toko untuk memberikan cash back atau gratis ongkir sesuai anggaran.

Baca Juga: Kisah Sukses Naja Mengawali Bisnis Alya Hijab Modal Rp200.000

Komunitas Seller

Untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut, sebelumnya seller harus menjadi power merchant. "Cara menjadi power merchant, seller cukup melakukan verikasi akun dengan kartu identitas seperti KTP dan melakukan foto selfie," jelas Nursida.

Pada kesempatan itu Nursida juga menjelaskan tentang manfaat menggunakan fitur dekorasi toko. Fitur ini bisa digunakan untuk memperindah tampilan halaman toko online dengan menggunakan banner, gambar, video, dan voucher toko.

"Dengan dekorasi toko akan membuat tampilan toko lebih menarik dan beda dengan toko lain. Pembeli juga akan lebih tertarik dengan melihat promo dan produk unggulan terkini. Selain itu, dengan dekorasi akan membuat kesan toko menjadi lebih istimewa dan mudah diingat pembeli," jelas Nursida.

Baca Juga: Ekspor Indonesia Naik 58,3 Persen Dibanding Tahun Lalu, Bagaimana dengan Impor?

Selain itu, Nursida juga menjelaskan sejumlah manfaat voucher toko yang bisa dibuat sesuai budget yang dimiliki seller. Voucher toko memiliki sejumlah keuntungan antara lain seller dapat memilih promo yang sesuai profil mereka dan dapat dipasang sesuai target pembeli. Seller juga dapat mengatur jumlah budget dan waktu promosinya sendiri. Seller juga bisa men-download voucher dan membagikannya melalui media sosial.

Nursida juga memberikan tips dan cara agar seller pemula bisa terus semangat dan berkembang antara lain dengan memanfaatkan pusat edukasi seller tokopedia.

"Bapak dan Ibu juga bisa bergabung di komunitas seller di Facebook, yaitu Keluarga Tokopedia. Di situ para seller bisa bertemu, saling sharing, serta berbagi tips. Biasanya para seller yang sukses juga suka berbagi ilmu bahkan ada juga yang suka berbagi hadiah," ujarnya.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago