Maknyus! Tengkleng Kambing Gongso Mas Dedet Solo Baru Sukoharjo Pakai Bumbu Rempah & Jejamuan

Kuliner tengkleng kambing gongso Mas Dedet yang terletak di Solo Baru, Sukoharjo ini dibuat dengan bumbu rempah dan jejamuan.
SHARE
Maknyus! Tengkleng Kambing Gongso Mas Dedet Solo Baru Sukoharjo Pakai Bumbu Rempah & Jejamuan
SOLOPOS.COM - Tengkleng kambing gongso di Solo Baru, Sukoharjo. (Youtube)

Solopos.com, SUKOHARJO — Saat berwisata atau mengunjungi Kabupaten Sukoharjo, tidak ada salahnya mencoba kuliner daging kambing yang lezat di warung Tengkleng Gongso dan Sop Mas Dedet. Warung ini menyajikan olahan kambing yang berbeda, yakni digongso dengan bumbu rempah-rempah dan jejamuan.

Warung ini berlokasi di Jl Yos Sudarso, Bangorwo, Kwarasan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo atau di sebelah barat patung Ir Soekarno. Untuk menikmati kuliner tengkleng gongso ini, Anda cukup merogoh kocek Rp30.000.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Baca Juga: Nyam Nyam…. Brongkos Daging Sapi Cipto Gandung Klaten Eksis Sejak Zaman Penjajahan Hlo

Menurut pemilik warung, Dedet, konsep awal dari masakannya itu tengkleng jamu dan menjadi pionir tengkleng rempah di Sukoharjo. Rempah-rempahnya didominasi kunir. Juga ditambahkan daun jeruk, serai, hingga bau harum seperti safron.

Tengkleng gongso milik Mas Dedet ini berisi tulang kambing, sumsum, iga, dan babat. Kuliner ini berwarna cokelat kekuningan yang berasal dari kunir seperti di video Youtube Jony Rahardja berjudul Enak Tenan! Satu2-nya Tengkleng Gongso yang Pake Rempah dan Jejamuan!! Yang tayang pada 23 Juli 2021.

Baca Juga: Semlidhut… Kuliner Pindang Kambing Ini Hanya Ada di Wonogiri Hlo

Tengkleng kambing gongso ini memiliki rasa yang sedap dan nyaman di mulut. “Pedes,manis, gurih menjadi satu semua, rempah-rempahnya pun berasa banget,” ucap Jony di Video tersebut.

Saat disantap dengan nasi pun tambah nikmat dan tentunya mengenyangkan perut. Bumbunya begitu meresap sampai ke tulang sum-sum. Keunikan lain pada kuliner  ini tangan pengunjung berwana kuning setelah menyantap tengkleng yang berwana kuning dan menurut Mas Dedet sulit hilang.

Baca Juga: Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Menu andalan lain di warung Mas Dedet yaitu sate gongso dan tongseng gongso. Untuk memesan kuliner itu bisa sesuai selera, pedas atau tidak. Menutur Dedet, Kuliner tengkleng gongso ini bisa bertahan hingga dua sampai tiga hari tanpa bahan pengawet. Bahkan juga sering menerima pesanan dari luar kota seperti Jakarta dan dikirim lewat ekspedisi.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago